TIPS

10 Tips Mengatasi Rasa Cemas, Tidur yang Cukup Hingga Berolahraga

Ilustrasi orang yang sedang cemas. (foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Begitu banyak hal yang dapat menyebabkan kecemasan terjadi, mulai dari posting media sosial rekan kerja, hingga memikirkan hal hal yang belum pasti terjadi.

Hal seperti ini memang cukup umum untuk kecemasan seiring dengan kondisi lain. Untungnya, ada banyak cara berbeda untuk menenangkan ketakutan dan pikiran yang mengganggu itu.

Dilansir dari thehealthy.com pada Senin (11/4/2022), berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi rasa cemas.

1. Istirahat
Kecemasan membuat kamu merasa seperti selalu lari dari bencana. Jika mundur dan mengambil napas, kamu akan melihat betapa mulusnya dunia berputar tanpa kewaspadaan terus-menerus.

2. Tetap bergizi
Merasa cemas dapat merusak nafsu makan atau memicu pesta makanan cepat saji, yang dapat membuat merasa gelisah atau lebih buruk. Cobalah makan lebih banyak makanan, makanan nabati atau makanan berprotein dan makanan ringan untuk meningkatkan energi dan menjaga gula darah tetap seimbang.

3. Cabut
Media sosial terbukti menjadi sumber kecemasan bagi banyak orang, tetapi juga dapat membantu tetap terhubung. Jika merasa perlu online, pilih sumber berita yang ramah dan baik dan blokir sumber yang membuat merasa lebih cemas.

4. Batasi kafein dan alkohol
Stimulan dapat memperburuk kecemasan dan dalam dosis besar bahkan memicu serangan panik. Pilih kopi tanpa kafein, atau teh herbal panas atau es. (Pastikan untuk membatasi makanan pemicu kecemasan lainnya juga.)

5. Tidur yang cukup
Kecemasan dapat membuat sulit untuk tidur, dan kurang tidur membuat gejala kecemasan menjadi lebih buruk. Putuskan lingkaran buruk itu dengan menghindari kafein dan gunakan trik sederhana ini untuk tidur. Jika ini tidak berhasil, bicarakan dengan dokter tentang mencoba obat tidur.

6. Latihan atau berolahraga
Perlu diulang: Bergerak dapat membantu membakar energi dan melepaskan zat kimia yang menenangkan di otak. Bahkan sedikit membantu.

7. Ambil napas dalam-dalam
Pernapasan diafragma yang dalam dapat memberi pandangan yang lebih positif. Usahakan untuk menarik dan menghembuskan napas dengan durasi yang sama. Latihan pernapasan setiap hari telah terbukti secara terukur mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

8. Tertawa
Oke, kamu tidak melihat banyak hal untuk ditertawakan dalam hidup atau kecemasan. Tetapi cobalah menertawakan keduanya dan lihat seberapa baik perasaan.

9. Hindari pemicu
Jika orang atau situasi tertentu membuat kamu merasa sangat takut atau panik, hindari mereka sampai lebih bisa mengendalikan diri.

10. Terhubung dengan orang lain
Isolasi adalah gejala sekaligus pemicu kecemasan. Bicaralah dengan teman dan keluarga, bahkan jika kamu merasa kewalahan, atau pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok pendukung. Berada di sekitar orang, bahkan jika tidak ingin bersosialisasi, dapat meredakan gejala.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like