KESEHATAN TIPS

3 Manfaat Lemon Untuk Rambut, Salah Satunya Bisa Mengurangi Minyak dan Ketombe

Caption Foto: Ilustrasi buah lemon./ Pixabay

Caption Foto: Ilustrasi buah lemon./ Pixabay

 

Tunasnegeri.com – Penggunaan lemon lebih dari sekadar penyedap air dan hidangan kuliner. Buah jeruk yang populer ini adalah sumber vitamin C yang baik,  dan dapat meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan.

 

Lemon juga memiliki sifat pemutih, itulah sebabnya lemon sering ditemukan dalam produk pembersih dan perawatan kulit.

 

Namun tak hanya itu, lemon bisa juga untuk rambut, buah berwarna kuning cerah ini paling bermanfaat jika dioleskan dalam bentuk cair atau fo ambil perasannya.

 

Seperti dilansir Tunasnegeri com dari Healthline pada 30 Maret 2021, inilah manfaat lemon yang baik untuk rambut.

 

1.Pencerah rambut

Asam sitrat dalam lemon adalah pemutih alami atau zat pengoksidasi. Ini memutihkan rambut dengan secara kimiawi mengurangi pigmen warna rambut atau melanin. Saat terkena sinar matahari, asam sitrat mempercepat proses pemutihan.

Efek pencerahan dari jus lemon cenderung bekerja paling baik untuk warna rambut yang lebih terang, seperti pirang dan coklat muda. Rona cokelat dan hitam yang lebih gelap mungkin melihat beberapa efeknya, tetapi tidak akan terlalu terlihat.

Untuk mencerahkan rambut dengan lemon, cobalah salah satu dari tiga metode berikut:

Peras lemon segar dalam air dan bilas rambut dengan air perasannya.

Campurkan beberapa tetes minyak esensial lemon dalam minyak pembawa dan segelas air dan oleskan ke rambut.

 

  1. Rambut lebih berkilau

Apa pun warna rambut, jus lemon dapat membuatnya tampak lebih berkilau, terutama setelah berada di bawah sinar matahari.

Untuk hasil terbaik, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke bilas jus lemon pilihan. Sebarkan secara merata ke seluruh rambut dan diamkan selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan kondisioner dan membilasnya.

Caption Foto: Ilustrasi buah lemon./ Pixabay
Caption Foto: Ilustrasi buah lemon./ Pixabay
  1. Minyak dan ketombe berkurang

Manfaat asam sitrat dalam lemon bahkan dapat mengatasi akar masalah rambut – secara harfiah. Hal ini terutama terjadi jika memiliki kulit kepala yang kering atau berketombe.

Saat membilas rambut dengan jus lemon, pastikan juga memijat campuran tersebut ke kulit kepala. Jika memiliki jenis ketombe yang disebut dermatitis seboroik, air lemon dapat membantu menyerap minyak berlebih yang menyebabkan kondisi kulit kepala yang umum ini. Efek seperti itu bisa bekerja untuk semua warna rambut. (*)

 

Reporter: Arip Ripaldi

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like