GAYA HIDUP

4 Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami

JEMBER – Memiliki kulit cerah adalah dambaan kaum wanita. Apalagi, kulit cerah bisa menambah kepercayaan diri kamu, kan?

Banyak wanita rela melakukan berbagai macam cara untuk mencerahkan kulit mereka. Bahkan, cara yang mereka gunakan berbahaya bagi kulit mereka. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali produk-produk kulit yang menjanjikan kulih cerah secara instan. Namun, produk tersebut belum teruji keamanannya bahkan ada yang abal-abal.

Pada umunya, kulit kusam di sebabkan oleh banyak faktor. Seperti, polusi udara, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dan yang lain-lain.

Perlu kalian ketahui, mencerahkan kulit tubuh bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan pastinya murah serta menggunakan bahan alami yang bisa kamu temukan di sekitarmu. Nah, mari kita simak tips untuk mencerahkan kulit secara alami seperti dilansir dari hallosehat.com:

  1. Menggunakan Beras

Beras yang biasanya dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat oleh tubuh, ternyata memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat beras untuk kesehayan kulit yaitu mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, memudarkan noda hitam pada kulit dan mengatasi kulit wajah yang berjerawat.

○ Ambil beras sesuai kebutuhan kamu

○ Cuci beras dan keringkan

○ Setelah kering, kamu dapat menghaluskan beras dengan cara ditumbuk atau diblender

○ Jika sudah halus, kamu dapat langsung mencampurkan beras tersebut dengan air mawar atau minyak zaitun sampai bertekstur seperti pasta

○ Oleskan secara merata ke seluruh tubuh dan diamkan selama 15-30 menit

○ Setelah itu, kamu dapat menjadikan bahan ini untuk menjadi lulur dengan cara menggosokkannya sebelum dibilas

  1. Gunakan kopi

memutihkan kulit dengan kopi dinilai efektif untuk mencerahkan. Kopi mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kulit dari bahaya radikal bebas. Kamu bisa mengubah kopi menjadi scrub badan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di kulit wajah agar terlihat lebih bersih dan lembut.

○ Siapkan bubuk kopi hitam

○ Lalu seduh dan biarkan sampai ampasnya mengendap

○ Setelah ampas mengendap, gunakan ampas tersebut sebagai masker dengan cara membalurkannya pada wajah, tunggu sekitar 20 menit

○ Cuci menggunakan air bersih

  1. Susu Beruang

Selain bermanfaat bagi kesehatan, susu juga bermanfaat untuk kecantikan. Dari beberapa susu murni yang ada di sekitar kita, susu beruang lah yang menjadi primadona bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Banyak manfaat dari susu beruang untuk kulit tubuh kita di antaranya membuat kulit menjadi halus dan lembab, menghilangkan dan menyamarkan jerawat, serta mencerahkan dan mengencangkan kulit. Caranya adalah:

○ Campurkan setengah susu beruang dengan 1 sendok makan oatmel

○ Aduk sampai merata dan bertekstur kental

○ Aplikasikan ke kulit tubuh secara merata dan diamkan selama 15 – 20menit

○ Jika sudah mengering, kamu bisa menggosokan oatmeal tersebut sebagai scrub tubuh, sehingga dapat mengangkat kulit mati

○ Bilas menggunakan air hingga bersih

○ Lakukan rutin 1 – 2 kali dalam seminggu

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Tahukah kamu, minyak kelapa memilik manfaat baik bagi tubuh yaitu untuk mencerahkan kulit secara alami dan sehat. Berikut ini caranya:

○ Oleskan minyak kelapa dengan campuran madu atau tomat

○ Diamkan 10-15 menit

○ Bilas hingga bersih

○ Gunakan setiap hari

Nah, itu tadi 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit. Gimana? Nggak ribet kan?

Hanya dengan bahan-bahan alami yang pastinya akan kalian bisa mencerahkan kulit tubuh kalian. Jadi mulai sekarang stop menggunakan pemutih abal-abal beralihlah ke bahan alami. Ingat, sayangi kulit kalian. Selamat mencoba. (*)

Pewarta: Refsa Ina Irianti

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like