GAYA HIDUP KESEHATAN TIPS

4 Jenis Buah yang Bisa Menghindari Dehidrasi Salah Satunya Semangka

Buah semangka yang kaya akan manfaat. Credit: Pixabay

Buah semangka yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk menghindari dehidrasi. (Credit: Pixabay)

 

Tunasnegeri.com – Buah yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae atau Cucurbits yang terdiri dari melon, labu, mentimun, dan lainya dengan total 965 spesies. Merupakan buah dengan rasa dagingnya yang manis dan menyegarkan serta aromanya yang menggoda.

Buah-buah Cucurbits sangat bergizi dan dianggap terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Buah rendah kalori, kolesterol dan natrium, dan tinggi kalium, seng, vitamin A dan vitamin C. Selain itu, buah-buahan ini juga dikemas dengan senyawa fenolik dan flavonoid seperti asam galat, quercetin, likopen, beta-karoten dan luteolin.

Buah-buah ini bisa membantu menghindari dari dehidrasi, Umumnya dehidrasi dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi hawa panas, aktivitas berlebihan, konsumsi cairan tidak mencukupi, keringat berlebihan, atau efek samping obat.

Seperti dilansir dari boldsky, pada 8 April 2021, inilah buah-buahan jenis Cucurbits yang kaya akan manfaat untuk kesehatan supaya terhindar dari dehidrasi.

1. Semangka

Menurut sebuah penelitian, semangka adalah sumber terkaya L-citrulline, asam amino non-esensial yang terkait dengan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak tubuh, meningkatkan kadar glukosa dan menyeimbangkan hormon.

Selain itu semangka memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya salah satu buah yang paling diminati.

2. Melon

Melon adalah buah berdaging jeruk atau berdaging hijau dengan profil nutrisi yang luar biasa. Itu dikemas dengan senyawa fenolik seperti asam galat, asam caffeic, katekin, quercetin, asam ellagic dan asam hidroksibenzoat.

3. Blewah

Blewah adalah buah berwarna coklat muda atau abu-abu ke hijau dengan kulit seperti jaring dan sedikit berusuk. Buah ini memiliki rasa yang berair, manis, rasa yang enak dan nilai gizi yang kaya. Blewah kaya akan zat gizi mikro seperti kalium, vitamin A, vitamin C dan magnesium.

(Buah mentimun yang kaya akan kandungan air. Credit: Pixabay)
(Buah mentimun yang kaya akan kandungan air. Credit: Pixabay)

4. Mentimun

Mentimun umumnya adalah buah berwarna hijau, panjang, tipis. Mentimun baik untuk hidrasi, karena memilik kandungan air yang tinggi, juga baik untuk kesehatan tulang karena adanya vitamin K. (*)

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like