KESEHATAN

4 Manfaat Buah Juniper yang Perlu Kamu Tahu

JEMBER – Pernah mendengar buah juniper? Buah ini termasuk dalam keluarga buah semak cemara. Buah Juniper banyak tumbuh di Eropa, Amerika Utara dan, negara Asia lainya. Cukup susah menemukan buah ini di pasar, namun dapat membelinya di marketplace dengan mudah.

Juniper memiliki warna ungu, hampir mirip dengan blueberry. Namun warna buah ini bervariasi jika muda berwarna hijau. Jika sudah matang akan berubah menjadi biru tua layaknya blueberry.

Sedikit orang mengkonsumsi buah ini karena rasanya yang terlalu asam. Namun tumbuhan juniper malah sering digunakan untuk penambah masakan dan minuman.

Selain rasa asam dari buah ini, ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berikut manfaat buah juniper yang dijabarkan dr. Arina Heidyana di klikdokter.com, di antaranya:

1. Mengandung Vitamin C

Buah juniper kaya akan vitamin C layaknya buah berry lainya. Setiap 1 ons buah juniper dapat mencakupi 10% kebutuhan vitamin C harian manusia.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan serta melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi pembuluh darah, dan sintesis kolagen.

Bukan vitamin C saja, juniper mengandung antioksidan flavonoid, minyak atsiri, serta kumarin. Minyak atsiri dari buah juniper mengandung zat monoterpen yang bertindak sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan antikanker.

2. Mencegah Peradangan

Salah satu studi tabung reaksi, mendeteksi dari 70 senyawa ada dalam minyak atsiri yang terkandung dalam buah juniper. Minyak tersebut dapat meningkatkan aktivitas enzim katalase, superoksida dismutase, dan glutation peroksidase.

Kandungan tersebut mengurangi kerusakan sel akibat radial bebas. Efek positif dari senyawa monoterpen dalam minyak tersebut dapat mengurangi peradangan sel kulit manusia secara signifikan.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Penelitian yang dipublis dalam International Journal of Pharma and Bio Sciences bahwa buah ini memiliki sifat antidiabetik.

Konsentrasi antioksida yang tinggi pada buah juniper diyakini banyak peneliti memiliki efek antidiabetik.

4. Mencegah Infeksi Jamur dan Jantung

Juniper menghasilkan senyawa limonene, myrcene, sabinene, dan beta-pinene. Senyawa tersebut memiliki sifat antibakteri.

Ekstrak juniper dapat membunuh bakteri Campylobacter jejuni, penyebab keracunan. Staphylococcus aureus bakteri penyebab infeksi kulit, tulang, dan paru-paru juga dapat diatasi oleh buah ini.

Itulah 4 manfaat luar biasa dari buah juniper yang diperlukan oleh tubuh. (*)

Pewarta: Badiatur Roqibus Syafaah

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like