SOSIAL

4 Rekomendasi Buku Karya Tan Malaka yang Membantu Bangkitkan Nalar Kritis

JEMBER – Nalar kritis adalah hal yang penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang. Nalar kritis membantu seseorang dalam menelaah dan menganalisa setiap permasalahan.

Berpikir secara kritis atau tajam dapat melibatkan segala kemampuan dalam mengevaluasi  secara sistematis mengenai suatu masalah. Namun bernalar kritis tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Semuanya butuh proses.

Salah satu usaha dalam menumbuhkannya adalah dengan membaca buku. Disini penulis merekomendasikan buku bacaan karya Tan Malaka sang penggagas negara republik yang mampu membangkitkan nalar kritis.

Berikut 4 rekomendasi bukunya:

  1. Aksi Masa
Sumber: www.perpusprasojo.blogspot.com

Buku karya Bapak Republik yang satu ini adalah buku yang memberi penjelasan dan gambaran tentang taktik sebuah pergerakan dan straegi-strategi khusus yang dilakukan oleh masyrakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Bagi Tan Malaka dalam Aksi Masa, para koloni penjajah hanya dapat dilawan dengan adanya aksi masa yang teratur dari kekuatan akar rumput atau masyarakat kelas bawah. Tan Malaka dalam analisis dan uraian pemikirannya menyatakan secara kritis bahwa hanya aksi masa yang dapat menjadi senjata revolusi. Dalam buku terbitan 2000 ini Tan Malaka juga menyebutkan kesadaran tataran kelas masyarakat antara borjuis dan proletar yang mengintruksi pikiran setiap pembacanya.

  1. Madilog

    Sumber: www.bharatbooks.com

Judul buku ini merupakan akronim dari Materialisme, dialektika, dan logika. Ini adalah salah satu buku non-fiksi karya Tan Malaka yang bernuasakan filsafat kiri. Dalam Madilog sang pembaca akan dituntun untuk berpikir secara kritis dan dinamis. Di satu sisi buku ini juga menjelsakan bahwa hakikat seorang manusia tidak bergantung pada dogma yang bermentalkan budak. Tan Malaka benar-benar mengajak sang pembaca untuk berintelektual aktif dan kreatif dan mampu menghargai kebebasan berpikir.

  1. Gerpolek
Sumber: intervintieradialogie.info

Mengingat beberapa karya Tan Malaka yang berjudulkan suatu akronim, Gerpolek adalah salah satu karyanya yang membantu bangkitkan nalar kritis. Buku ini menjelaskan tentang Gerilya, politik, dan ekonomi di Indonesia pada masa pra revolusi. Tan Malaka juga memaparkan konsep strategi pergerakan militer yang seharusnya dilakukan oleh seorang gerilya, semuanya bertujuan untuk menyadarkan pemabaca akan jati diri bangsanya sendiri dan tidak bergantung pada bangsa lain.

  1. Dari Penjara ke Penjara

    Sumber: www.bukukita.com

Buku ini adalah buku yang berisikan trilogi khusus yang diangkat oleh Tan Malaka saat dirirnya berada dalam penjara. Tan Malaka Menjelaskan bahwa separuh hidupnya yang dihabiskan di penjara tersebut bukan hanya dipenjarakan karena menetang kolonialisme, namun juga dipenjarakan oleh pemerintahannya sendiri yang tak selaras pemikiran politiknya. Buku ini dapat juga menuntun pembaca untuk tetap mengelola kepercayaannya pada pemerintahan bangsa sendiri. Nalar kritis pun dapat dibangun dari sini melalui kesadaran akan birokrasi bangsa sendiri.

Itulah 4 rekomendasi buku karya Tan Malaka yang bagi penulis mampu membantu untuk membangkitkan nalar kritis seseorang. Terutama bagi para pemuda dan mahasiswa nalar kritis dan kebebasan berpikir wajib hukumnya untuk dimiliki. (*)

Pewarta: Mochammad Samsi Ridwan

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like