TIPS

4 Tanaman Hias Rumahan yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Salah Satunya Lidah Buaya

Tunasnegeri.com – Di era pandemi covid-19 ini, banyak masyarakat yang senang mengoleksi tanaman hias untuk mengisi waktu luang.

Mulai dari tanaman hias yang murah hingga yang mahal. Bahkan tak jarang ada masyarakat yang rela mengambil tanaman liar di pinggiran jalan untuk dijadikan tanaman hias.

Namun, tahukan kamu bahwa ada beberapa tanaman hias yang baik untuk kesehatan tubuh?

Seperti dilansir Tunasnegeri.com dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanaman hias yang baik untuk kesehatan tubuh :

1. Lidah buaya

Tanaman ini bagus untuk merawat kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu tanaman ini juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya yakni mampu menjernihkan udara di sekitar atau mendetoksifikasi udara dari bahan kimia berbahaya.

Jika tanaman ini ada tumbuh secara liar di sekitar rumah, cobalah memindahkannya di pot dan taruhlah di dalam rumah agar udara di dalam rumah selalu tetap segar.

2. Kayu putih

Pasti jarang yang tahu kalau tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai teh yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu teh dari daun kayu putih ini juga bisa mengobati sakit gigi loh.

Cobalah menanamnya di rumah, karena tanaman ini diyakini juga bisa mengusir serangga.

3. Lavender

Siapa yang tidak tahu tanaman yang satu ini. Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh.

Salah satunya ekstrak dari lavender ini dijadikan sebagai essential oil diffuser yang berfungsi untuk menenangkan, mengurangi kecemasan, menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu lavender juga di jadikan sebagai bahan campuran untuk lulur dan parfum.

4. Lidah mertua

Kalau tanaman yang satu ini diyakini bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen loh.

Selain itu tanaman ini juga mampu menyerap polusi dan racun yang ada di dalam rumah.

Cara merawatnya pun cukup mudah, taruhlah tanaman ini di ruangan yang sejuk dan jangan dikenakan sinar matahari secara langsung ya.

HM Arum Sabil saat berada di Ladangnya (Foto: Tunasnegeri)

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan menjaga tanaman terbukti dapat meningkatkan kadar oksigen di udara yang membantu mengurangi perasaan cemas.

“Tanaman hias secara alami membuat oksigen saat mereka berfotosintesis. Tentu saja, lebih banyak tanaman yang kita miliki, lebih banyak pula oksigen yang akan dihasilkan,” ujarnya kepada Tunasnegeri.com dalam keterangan tertulis.

“Tidak perlu tanaman yang terlalu besar dan mahal. Tanaman dalam pot kecil yang ditaruh di ambang jendela saja dapat membantu kita menghilangkan stres,” ungkapnya.

Itulah beberapa tanaman yang bisa di taruh dirumah dan pastinya memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like