KESEHATAN TIPS

5 Makanan yang Dapat Membantu Membangun Otot Tanpa Lemak

Tunasnegeri.com – Ada banyak pilihan makanan untuk memaksimalkan latihan dan membangun otot.

Tapi harus di ingat, kunci untuk membangun otot adalah berolahraga, selain itu pastikan nutrisi yang cukup yang dapat membuat kuat dan berenergi.

Numun, jangan lupa untuk mengkonsumsi kalori yang cukup untuk menjaga pertumbuhan otot.

Seperti yang dilansir Tunasnegeri.com dari Healthline. Di bawah ini adalah lima makanan yang dapat membantu pemulihan dan membangun otot tanpa lemak.

1. Kentang

Penting untuk mengingat kebutuhan kalori saat makan untuk pertumbuhan dan pemulihan otot.

Kentang adalah pilihan yang sempurna untuk ini. Buah berwarna coklat ini kaya akan karbohidrat, yang menyediakan sumber energi yang diperlukan.

Kentang bisa di olah dengan dikukus atau pun dibuat salad. Disarankan untuk memakannya sebelum latihan dimulai untuk energi atau setelah latihan untuk pemulihan.

2. Kacang polong

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi dan protein. Cobalah untuk mengkonsumsinya setelah berolahraga untuk mengisi kembali simpanan karbohidrat dan menyediakan sumber protein untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

Kandungan seratnya yang tinggi membantu penyerapan nutrisi, karena serat terkait dengan menjaga kesehatan bakteri usus, yang mendorong pencernaan yang optimal. Ini memaksimalkan nilai gizi makanan yang dikonsumsi.

3. Gandum

Biji-bijian utuh seperti gandum adalah karbohidrat yang menyehatkan untuk jantung. Gandum juga mengandung protein, dan beberapa sumber kaya akan antioksidan.

Tumbuhan utuh sering kali memiliki banyak manfaat, dan gandum adalah contoh sempurna untuk ini. Konsumsilah sebelum berolahraga untuk sumber energi yang sangat baik.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein tinggi dan padat kalori. Jika ingin menambahkan sumber kalori yang mudah ke makanan, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara yang tepat.

Lemak dalam kacang-kacangan dan biji-bijian juga meningkatkan penyerapan nutrisi vitamin A, D, K, dan E yang larut dalam lemak, jadi ada baiknya memasukkannya ke dalam makanan kaya nutrisi.

5. Smoothie

Meskipun ini lebih merupakan makanan atau camilan daripada makanan tertentu, smoothie masih pantas disebutkan.

Kegemaran smoothie di dunia kesehatan beralasan. Smoothie sangat serbaguna dan kaya akan nutrisi. Dan komponen yang tepat menjadikannya pilihan pra-latihan yang sempurna.

H.M Arum Sabil, praktisi pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan (Foto Tunas Negeri)

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia juga mengatakan, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur itu bisa meningkatkan ketahanan tubuh.

“Sangat penting untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan untuk membentuk otot di tubuh. Dan perlu untuk di ingat, sebagian besar protein dari makanan yang masuk ke tubuh akan digunakan untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak,” Ujar Arum saat berbincang-bincang pada Sabtu, (22/5/2021). (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like