KESEHATAN

5 Manfaat Buah Delima, Buah yang Kaya akan Vitamin C

Ilustrasi buah delima. (foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Buah delima, buah dengan warna merah dan rasa manis asam segar ini mengandug nutrisi yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Buah delima atau Punica granatum berasal dari Asia Tengah. Buah ini kemudian dibudidayakan di Timur Tengah dan telah tersebar hingga Iran, Afghanistan, India Timur, China, hingga Amerika Serikat.

Mirip seperti buah stroberi, buah delima kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, dan agen antiradang.

Dilansir dari berbagai sumber, Berbagai penelitian menemukan bahwa memakan buah delima segar atau sekadar minum jus buah delima memiliki khasiat untuk membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Berikut adalah beragam manfaat buah delima yang wajib di ketahui:

1. Delima dapat menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa minum seperempat cangkir jus delima setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan secara signifikan mengurangi oksidasi kolesterol LDL.

Ini mungkin berkat kekuatan antioksidannya, jus delima memiliki dua sampai tiga kali kapasitas antioksidan dari jumlah yang sama dari anggur merah atau teh hijau.

Studi kecil lainnya menemukan bahwa minum satu cangkir jus setiap hari membantu mengurangi iskemia miokard yang disebabkan oleh stres, atau aliran darah yang buruk ke jantung.

2. Delima menurunkan tekanan darah

Penelitian telah menemukan bahwa tingkat antioksidan yang tinggi dalam jus delima juga berperan dalam mengurangi hipertensi.

Jus delima (Punica granatum) mengandung berbagai jenis antioksidan dan polifenol bioaktif dan dapat meningkatkan kesehatan jantung melalui beberapa mekanisme.

3. Delima membantu mengobati kanker prostat

Menurut sebuah studi, jika pasien yang sebelumnya dirawat karena kanker prostat minum hanya delapan ons jus delima setiap hari, itu dapat secara signifikan memperlambat peningkatan kadar antigen spesifik prostat (PSA), sebuah indikator bahwa ada kanker.

4. Delima meningkatkan disfungsi ereksi

Minum sekitar delapan ons jus delima 100% setiap hari dapat membantu disfungsi ereksi dan impotensi, menurut sebuah penelitian di International Journal of Impotence Research.

Pada akhir penelitian, 47 persen peserta melaporkan bahwa ereksi mereka meningkat dengan penggunaan jus delima dibandingkan dengan 32 persen melaporkan peningkatan minum minuman plasebo.

Para peneliti mengatakan lebih banyak penelitian perlu dilakukan tetapi percaya bahwa antioksidan kuat dalam buah delima mencegah molekul radikal bebas mengganggu sirkulasi.

5. Delima melawan peradangan penyebab penyakit

Satu buah delima menyediakan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, dan para peneliti mengatakan ini mengurangi “peradangan diam-diam” pada akar penyakit seperti kanker, penyakit jantung, atau diabetes. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like