KESEHATAN

5 Manfaat Buah Naga Baik Untuk Kesehatan, Salah Satunya Kaya Vitamin C

Tunasnegeri.com – Bentuk yang unik disertai rasa yang enak menjadikan buah naga menjadi salah satu buah yang populer bahkan menarik untuk dikonsumsi.

Buah naga sendiri mempunyai beberapa macam varian, ada buah naga yang berwarna putih dan ada juga buah naga yang berwarna ungu-kemerahan.

Buah yang sangat menarik dan bentuknya yang dibilang cukup tampil beda disbanding dengan buah lainnya ini, sangat mudah dijumpai, selain itu ternyata memeiliki banyak manfaat loh.

Seperti salah satunya manfaat di bidang kesehatan yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang, penasaran kan?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah manfaat buah naga untuk kesehatan.

1.  Kaya akan cairan

Meskipun buah naga sendiri hidup di daerah yang kering, ternyata buah naga mengandung kadar cairan yang dibilang cukup tinggi.

Hal ini juga membuat buah naga cocok untuk mencegah dehidrasi, serta memberikan sensai segar ketika kita mengonsumsinya.

2. Sumber Zat Besi

Selain kaya akan cairan, ternyata manfaat buah naga yang lain adalah sebagai sumber zat besi bagi tubuh kita.

Nyantanya, dalam serratus gram buah naga terdapat kandungan 1.9 miligram zat besi, atau bisa dibilang setara dengan 11 persen dari total kebutuhan harian kita. Zat besi sendiri sangatlah penting dalam proses pembentukan hemoglobin di dalam darah.

Untuk kalian yang terkena anemia mungkin buah naga akan cocok untuk menjadi buah keseharian anda.

3. Kaya Vitamin C

Buah naga sendiri juga memiliki kandungan vitamin C yang dibilang cukup tinggi loh. Nyatanya, dalam satu buah naga jumlah vitaminnya ternyata melampaui tiga kali lipat lebih banyak daripada satu wortel loh.

Atau lebih tepatnya jika buah naga yang berukuran 100 gram maka didalam buah naga tersebut mengandung 21 mg vitamin C, yang sebanding dengan 34 persen kebutuhan vitamin C dalam keseharian kita.

4. Anti Diabetes

Manfaat buah naga yang lain juga adalah dapat membantu kadar gula darah kalian tetap stabil.

Peneliti menyatakan bahwa hal ini terjadi disebabkan buah naga bisa membantu regenrasi sel pancreas yang rusak yang terjadi di penderita diabetes.

5.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus, khususnya untuk bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria.

Kedua bakteri ini bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit.

H.M Arum Sabil, praktisi Agribisnis dan Pendidikan (Foto: Tunasnegeri.com)

Sementara itu, HM. Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan untuk kandungan nutrisinya, buah naga merupakan sumber zat besi, magnesium, dan serat yang sangat baik.

“Buah naga itu mengandung protein, karbohidrat, vitamin B, dan vitamin C, serta rendah kalori. Khusus bagi buah naga merah, pasti memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi dibanding buah naga putih,” ujar Arum, kepada Tunasnegeri.com dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp.

“Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A, yang memegang sejumlah peranan penting,” lanjutnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like