TIPS

5 Manfaat Calendula, Mengatasi Jerawat Hingga Mengobati Luka

Ilustrasi bunga Calendula. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Calendula, jenis tanaman yang masih jarang diketahui oleh kalangan masyarakat. Tanaman ini mempunyai bunga yang berwarna oranye dan kuning.

Calendula merupakan bunga abadi asli di Mediterania, yang digunakan sebagai tanaman obat selama berabad-abad karena sifatnya sebagai anti-peradangan. Ekstrak bunga calendula biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati peradangan pada kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini segudang manfaat bunga Calendula bagi kesehatan.

1. Mengobati Luka

Minyak dari calendula inimamou mempercepat penyembuhan luka. Penelitian di tahun 2013, menemukan fakta bahwa kombinasi calendula dengan obat yang diberikan dokter mampu mempercepat proses penyembuhan luka robekan bekas jalan lahir.

Calendula mampu memicu pertumbuhan jaringan kulit yang baru dan mengurangi peradangan selama masa penyembuhan luka.

2. Antiseptik Alami

Tumbuhan calendula mengandung senyawa antimikroba dan antivirus yang kuat. Senyawa itu ditemukan mampu melawan patogen-patogen berbahaya, seperti infeksi jamur dan bahkan infeksi bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Namun, riset masih belum memastikan khasiat calendula ini.

3. Mengatasi Jerawat

Minyak calendula ini dapat mengatasi dan mencegah jerawat. Ada sebuah penelitian di tahun 2011, menemukan fakta bahwa ekstrak calendula cukup efektif mengobati dan mencegah jerawat. Untuk membuktikan keefektifannya, Anda bisa mencari produk perawatan wajah yang mengandung minyak calendula.

4. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Kandungan antiradang dan tripterpenoid dinilai efektif apabila langsung dioleskan di area yang bermasalah.

Ruam popok juga bisa didiatasi oleh minyak calendula ini loh. Tapi tetap jangan lupa berkonsultasi sama dokter ya.

5. Tabir Surya Alami

Minyak calendula memiliki senyawa SPF yang mampu melindungi kulit kita dari sinar matahari. Namun, masih harus membutuhkan penelitian lebih lanjut apakah khasiat calendula ini sebagai tabir surya alami.

Semoga bermanfaat yaa.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like