TIPS

5 Tips Memasuki Dunia Kerja Salah Satunya Dengan Membuat Perencanaan Karir

Ilustrasi dunia kerja. (Credit: Pixabay)

 

Tunasnegeri.com – Untuk yang berusia 21 sampai 40 tahun, artinya sedang berada pada usia dewasa awal. Usia dewasa awal ini adalah usia pencarian kemantapan dan masa produktif, masa yang penuh dengan masalah dan ketegangan emosional, periode komitmen dan masa ketergantungan, perubahan nilai-nilai kreativitas, dan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru.

Memasuki usia dewasa awal kita juga akan mulai memasuki dunia kerja, biasanya setelah menyelesaikan pendidikan kita akan mulai mencari pekerjaan. Dalam dunia kerja tentunya tidak sama dengan dunia yang ada di pendidikan, ketika baru lulus kuliah atau sekolah, anak muda yang ingin bekerja pasti akan mengalami hambatan.

Peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja tentunya membutuhkan kemampuan untuk menyesuaikan diri. Dilansir Tunasnegeri.com dari Instagram @ruangtumbuh.id, yuk simak beberapa tips berikut ini:

1. Kenali potensi diri

Kita bisa membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri kita, kegiatan apa yang disukai dan tidak, bahkan bisa dengan meminta bantuan orang lain untuk mendeskripsikan diri kita.

Dari hal tersebut, kita dapat mengetahui dan menemukan potensi yang ada dalam diri kita.

2. Sesuaikan latar belakang pendidikan

Latar belakang pendidikan merupakan salah satu kualifikasi yang penting dalam melamar pekerjaan.

Selain latar belakang pendidikan, kita juga bisa menyesuaikan dengan pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti.

3. Mulai ikut organisasi dan magang

Pada saat mengenyam pendidikan, penting bagi kita untuk mengikuti organisasi ataupun magang.

Karena kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti: menambah ilmu dan pengalaman, mempunyai keterampilan baru, mengasah keterampilan soft skill, dan yang paling adalah membangun relasi yang lebih luas.

4. Rajin mencari informasi

Ketika akan mencari pekerjaan, kita harus rajin memoerbanyak informasi, manfaatkan media sosial yang menyediakan berbagai informasi.

Selain itu, bisa juga dengan mengunjungi situs lowongan kerja seperti : jobstreet.com, LinkedIn.com, glints.com dan lain-lain.

5. Membuat perencanaan karir

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan karir, kita bisa menyesuaikan pekerjaan seperti apa yang diinginkan. (*)

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like