GAYA HIDUP KESEHATAN

5 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan, Salah Satunya Konsumsi Lemak Sehat

Tunasnegeri.com – Dalam tubuh kita, terdapat berbagai macam organ. Salah satunya organ pencernaan, organ pencernaan ini sangat penting untuk dijaga kesehatannya.

Masalah yang sering terjadi pada organ pencernaan pada tubuh umumnya seperti kembung, diare, hingga maag.

Gangguan seperti ini nantinya membuat aktivitas menjadi tidak produktif, parahnya mungkin harus terbaring di atas kasur untuk istirahat.

Tentu saja kalian tidak ingin mengalami kondisi seperti itu kan? Nah melansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips menjaga kesehatan pencernaan.

1. Mengunyah makanan

Ketika mengunyah makanan dengan saksama, alhasil perut tidak perlu bekerja dengan keras untuk mengubah makanan padat menjadi campuran cair yang masuk ke usus kecil.

Mengunyah juga menghasilkan air liur, dan semakin lama mengunyah akan semakin banyak pula air liur diproduksi.

2. Konsumsi lemak sehat

Memang ketika mendengar kata lemak sendiri bagi banyak orang akan langsung teringat dengan tidak sehatnya sebuah pola hidup.

Realitanya tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan tubuh kita. Karena sebenarnya ada lemak yang justruk baik untuk tubuh kita bahkan membantu sistem pencernaan serta mencegah inflamasi pada daerah usus dan sekitarnya.

Selain itu, lemak yang sehat juga dapat menjadi sumber energi tubuh kita. Nah untuk mendapatkan lemak sehat, kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan seperti alpukan maupun biji-bijian.

3. Memasak sendiri

Memang jika kita berbicara tentang kesehatan pencernaan maka yang paling berpengaruh paling utama adalah asupan makanan kita.

Oleh sebab itu kita aharus memeperhatikan asupan makanan kita, ada bagusnya jika kalian memasak makanan yang ingin kalian makan.

Karena dengan memasak sendiri kalian dapat mengatur kandungan nutrisi yang masuk pada masakan kalian. Apalagi jika dibandingkan dengan makan di luar, makan masakan sendiri lebih sehat karena bebasa dari bahan pengawet, olahan, dan makanan buatan.

Karena bahan yang tidak alami itu akan membebani pencernaan sehingga gangguan pencernaan akan terjadi.

4. Perhatikan kebutuhan air harian

Hal ini adalah wajib kamu perhatikan, karena tiap manusia harus memenuhi kebutuhan air harian.

Karena jika kebutuhan air harian terpenuhi maka akan membuat pencernaan berfungsi dengan sangat baik.

Selain itu, feses yang akan dikeluarkan juga akan menjadi lebih lunak, sehingga kamu tidak harus bingung dengan yang namanya sembelit. Karena sembeli terjadi akibat kurangnya cairan tubuh pada diri kita.

5. Konsumsi makanan berserat

Tahukah anda jika terlalu banyak mengonsumsi nasi dan lauk yang mengandung lemak adalah tindakan yang kurang baik.

Karena kedua hal itu akan menyebabkan gangguan pada pencernaan kita. Pengolahan kedua makanan tersebut untuk menjadi energi berlangsung cukup lama, oleh sebab itu kita sering mengantuk jika mengonsumis nasi.

Oleh sebab itu solusinya kalian bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan berserat. Seperti sayuran hijau, dan buah.

H.M Arum Sabil, pendiri Pelita Hati School (Foto: Tunasnegeri.com)

H.M Arum Sabil, salah satu pendiri Pelita Hati School, mengatakan menjaga kesehatan pencernaan adalah hal yang penting karena akan mengatur fungsi kekebalan tubuh dan alergi dengan baik.

Selain itu, ia juga mengatakan dengan menjaga pencernaan dapat terhindar dari berbagai penyakit.

“Jika sistem pencernaan terjaga kesehatannya, kita tentunya dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, mulai dari tukak lambung, hepatitis, batu empedu, dan lainnya,” ujarnya pada saat ditemui Tunasnegero.com pada Kamis, (20/5/2021).

Nah itu barusan adalah 5 tips untuk menjaga kesehatan pencernaan kalian, semoga ini dapat membantu aktivitas kalian agar tetap produktif ya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like