TEKNOLOGI

5 Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

JEMBER –  Laptop saat ini merupakan perangkat yang bisa dibilang menjadi ujung tombak karir tiap seseorang. Seringkali kita juga mendengar cerita tentang pekerjaan kenalan atau teman kita yang terhambat karena gawai yang satu ini bermasalah. Banyak orang membutuhkan laptop, namun sering juga dalam pemakaiannya mereka lalai atau bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana cara merawat laptop.

Merawat laptop sendiri menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan dari umur laptop sendiri. Oleh karena itu, anda harus memerhatikan beberapa hal dalam merawat laptop agar laptop anda tidak cepat rusak.

Dari unsplash.com, berikut adalah 5 tips merawat laptop agar tidak cepat rusak:

  1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur & karpet

Menggunakan laptop di atas kasur maupun karpet bisa membuat umur laptop anda semakin pendek. Hal ini disebabkan karena angin untuk mengeluarkan panas dari dalam laptop menjadi terhambat, bahkan bisa saja kipasnya justru malah menyedot debu atau kotoran yang ada di kasur maupun karpet. Gunakanlah laptop di tempat yang bisa menghasilkan sirkulasi udara yang bagus, contohnya di meja.

  1. Jangan berlari kita membawa laptop di dalam tas

Membawa laptop kemana saja sudah seperti hal yang sangat lazim dilakukan para pekerja dan pelajar. Namun jangan sesekali anda berlari ketika membawa laptop di dalam tas anda. Hal ini dapat menyebabkan umur dari harddisk drive (HDD) anda menjadi pendek, dikarenakan HDD sendiri sejatinya harus tidak terkena goncangan seminimal mungkin. Sebenarnya ada cara lain mengatasi hal ini, yaitu mengganti HDD dengan solid state drive (SSD).

  1. Bersihkan kipas yang ada di dalam laptop

Kipas juga merupakan ujung tombak dari umur sebuah laptop, karena sejatinya kipas sendiri yang mengatur suhu laptop dengan membuang panas yang ada. Jika kita tidak rutin membersihkan kipas, maka kipas akan tersumbat oleh debu dan kotoran. Oleh sebab itu, bersihkan kipas laptop anda setidaknya 1 tahun sekali. Kalian bisa membersihkan kipas laptop dengan membayar jasa pada servis laptop ataupun kalian bisa mencoba untuk membongkar laptop lalu membersihkan kipas sendiri.

  1. Gantilah Thermal Paste laptop anda

Thermal Paste sendiri juga sering disebut pasta prosesor, yang fungsinya adalah mempercepat perpindahan panas dari prosesor menuju kipas agar bisa dibuang keluar menjadi udara panas, intinya membuat laptop anda menjadi semakin dingin. Jika Thermal Paste sendiri tidak pernah diganti dalam jangka waktu lama, maka pasta ini akan mengering dan mengeras yang menyebabkan tidak maksimalnya kinerja dari mekanisme pendinginan laptop. Oleh sebab itu, setidaknya kalian bisa mengganti Thermal Paste laptop anda setidaknya 1 tahun sekali. Kalian bisa mengganti Thermal Paste kalian di jasa servis, maupun mencoba untuk menggantiya sendiri.

  1. Hindari penggunaan sampai baterai 0%

Saya masih sering melihat orang yang menggunakan laptop, mereka banyak yang memiliki kebiasaan pantang untuk mematikan laptop sebelum baterai 0%. Hal ini akan berdampak buruk pada umur baterai laptop. Oleh sebab itu jangan sesekali mencoba menggunakan laptop sampai baterai 0%.

Dengan adanya tips ini, diharapkan teman teman dari berbagai macam kalangan dapat menjaga umur dari laptop, agar pekerjaan maupun tugas teman teman tidak bermasalah karena laptop yang bermasalah. (*)

Pewarta : Zeinel Arfin Sadiq

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like