KESEHATAN

6 Cara Mengobati Anxiety atau Perasaan Cemas, Salah satunya Berolahraga

Ilustrasi rasa cemas. (foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Rasa cemas merupakan suatu perasaan yang akan memberikan dampak negatif pada suatu aktivitas bahkan kehidupan seseorang.

Maka dari itu, kita harus tahu apa gejala dan cara mengobati kecemasan, tidak nyaman dan sering mengganggu fungsi normal pikiran.

Dilansir dari thehealthy.com pada Senin (11/4/2022), berikut adalah beberapa tanda dari rasa cemas dan cara pengobatannya.

Gejala kognitif mungkin termasuk takut kehilangan kendali, takut “menjadi gila,” pikiran menakutkan, konsentrasi dan memori yang buruk, dan kesulitan berbicara.

Gejala fisik mungkin termasuk berkeringat, jantung berdebar kencang, nyeri atau tekanan dada, pernapasan dangkal, dan sakit perut dan diare.

Gejala perilaku mungkin termasuk penghindaran situasi, kegelisahan, agitasi, mondar-mandir, dan hiperventilasi. Gejala afektif mungkin termasuk perasaan gugup, tegang, dan frustrasi.

Saat ini siapa pun pada usia berapa pun dapat mengembangkan gangguan kecemasan, tingkat penurunan pada usia 50-an, dan bahkan tanpa pengobatan, kebanyakan orang bebas gejala setelah usia 65 tahun.

Lantas bagaimana Kecemasan dapat Diobati?

Gangguan kecemasan umum dapat diobati dan berhasil dikelola dengan kombinasi terapi, dukungan sosial, pengobatan, dan metode lainnya. Perawatan meliputi:

Pertama, Terapi, terutama terapi perilaku kognitif, yang berfokus pada perubahan perilaku, atau terapi pemaparan, yang dapat membantu orang mengatasi ketakutan irasional dalam lingkungan yang aman dan terkendali.

Kedua, Metode pengurangan stres, seperti yoga , meditasi, dan perhatian, telah terbukti efektif dalam mengendalikan gejala kecemasan. Yang terbaik dari semuanya, Anda sering dapat mempraktikkannya di rumah.

Ketiga, Olahraga adalah cara gratis lainnya untuk mengelola gejala kecemasan. Bahkan jalan kaki singkat dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Keempat, Obat-obatan seperti antidepresan untuk suasana hati, obat penenang ringan untuk mengurangi kepanikan, alat bantu tidur, dan beta-blocker untuk mengobati gemetar dan gejala jantung berdebar, semuanya dianggap sebagai alat untuk mengelola gejala, meskipun tidak mengobati penyebab yang mendasarinya. Pelajari lebih lanjut tentang jenis obat kecemasan yang paling umum diresepkan dokter.

Kelima, Suplemen herbal dan pengobatan alami seperti asam lemak omega 3 juga dapat membantu. Dengan izin dokter Kamu dapat mempertimbangkan untuk mencoba salah satu pengobatan rumahan ini untuk menghilangkan kecemasan alami.

Keenam, CBD dan jenis ganja medis lainnya dapat menghilangkan kecemasan, meskipun banyak dokter mendesak agar berhati-hati. Jangan beralih ke alkohol atau narkoba, karena dapat menyebabkan kecanduan dan memperburuk gejala kecemasan. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like