TIPS

6 Langkah Tidur Nyenyak, Begini Caranya

Ilustrasi orang tidur. (Foto: Pixabay)

Tunasnegeri.com – Kesulitan menjelang tidur merupakan masalah yang umum. Banyak faktor yang dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak mulai dari stres kerja dan tanggung jawab keluarga hingga penyakit. Tidak heran jika kualitas tidur terkadang sulit dipahami.

Kita mungkin tidak dapat mengontrol faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur. Namun, kita dapat mengadopsi kebiasaan yang mendorong tidur lebih baik.

Dilansir dari Mayo Clinic, pada Selasa (10/5/2022), berikut ini merupakan tips sederhana untuk dapat tidur lebih nyenyak.

1. Tetapkan jadwal tidur

Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat adalah setidaknya tujuh jam. Kebanyakan orang tidak membutuhkan lebih dari delapan jam di tempat tidur untuk beristirahat dengan baik.

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Yang terpenting adalah konsisten dalam memperkuat siklus tidur-bangun tubuh.

Jika Anda tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit setelah tidur, tinggalkan kamar dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Baca buku atau mendengarkan musik dapat menjadi pilihan untuk menenangkan.

Kembali ke tempat tidur ketika sudah lelah. Ulangi sesuai kebutuhan, tetapi terus pertahankan jadwal tidur dan waktu bangun Anda.

2. Perhatikan apa yang dikonsumsi

Jangan pergi tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Secara khusus, hindari makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur.

Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. Efek stimulasi nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk hilang dan dapat mengganggu tidur. Dan meskipun alkohol mungkin membuat kamu merasa mengantuk pada awalnya, itu bisa mengganggu tidur di malam hari.

3. Ciptakan lingkungan yang tenang

Jaga agar kamar tetap sejuk, gelap, dan tenang. Paparan cahaya di malam hari mungkin membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Hindari penggunaan layar smartphone yang memancarkan cahaya dalam waktu lama sebelum waktu tidur.

Pertimbangkan untuk menggunakan tirai penggelap ruangan, penyumbat telinga, kipas angin, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan bila diperlukan.

Melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Batasi tidur siang

Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam. Batasi tidur siang tidak lebih dari satu jam dan hindari tidur siang hari.

Namun, jika bekerja malam, mungkin perlu tidur siang sebelum bekerja untuk membantu melunasi hutang tidur.

5. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari beraktivitas terlalu dekat dengan waktu tidur.

Menghabiskan waktu di luar setiap hari mungkin bisa membantu juga.

6. Kelola kekhawatiran

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran sebelum tidur. Catat apa yang ada di pikiran dan sisihkan untuk besok.

Manajemen stres mungkin bisa membantu. Mulailah dengan dasar-dasar, seperti mengatur, menetapkan prioritas, dan mendelegasikan tugas. Meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

Sementara itu, HM Arum Sabil, seorang praktisi pendidikan Indonesia menjelaskan bahwa kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Selain itu, tidur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati, dan menjaga pikiran agar tidak stres.

“Oleh karena itu, tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Banyak cara tidur nyenyak yang dapat diterapkan,” pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like