KESEHATAN

6 Manfaat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin, Salah Satunya Mengatasi Nyeri Sendi

Tunasnegeri.com – Jika kita berbicara tentang jahe pasti yang mungkin muncul di otak kita adalah soal bumbu dapur.

Jahe sendiri adalah jenis rimpang dari China, yang memiliki kaitan erat dengan sayuran akar lain seperti kunyit. Di Indonesia sendiri, jahe mudah ditemui dipasar bahkan di toko kelontong.

Jahe sendiri bukan hanyalah tentang bumbu dapur saja, tanaman herbal ini sudah sejak berabad-abad lamanya sudah dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Seperti salah satunya, yang sangat terkenal adalah sebagai sarana untuk menghangatkan tubuh apalagi bagi orang-orang yang berada di dataran tinggi.

Jahe sendiri meruapakan tanaman yang masih berkerabat dengan kencur, kunyit, serta lengkuas.

Nah berbicara tentang manfaat jahe sendiri, kira kira apa sih manfaat dari mengonsumsi jahe apalagi jika dilakukan secara rutin?

Melansir dari berbagai sumber, kali ini Tunasnegeri.com akan berbagi manfaat mengonsumsi jahe secara rutin.

1. Anti penuaan dan kanker

Jahe sendiri bersifat anti-infalamasi serta anti-oksidatif, hal ini ternyata bisa mengatasi proses penuaan. Selain itu, manfaat jahe lainnya adalah memiliki potensi antimikroba yang bisa membantu untuk mengobati penyakit yang menular.

Bahkan jahe sendiri juga disebut-sebut bisa mencegah berbagai kanker, meskipun penelitian manfaat jahe terhadap kanker masih dalam proses peneltitian lebih lanjut.

2. Membantu Turunkan Berat Badan

Siapa sangka, khasiat jahe untuk mencegah terjadinya proses peradangan juga dapat membantu menjalani program menurunkan berat badan.

Jahe disinyalir dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dan menekan proses peradangan dalam tubuh.

Berbagai studi mengindikasikan jahe memiliki manfaat yang positif dalam mengoptimalkan berbagai parameter tubuh terkait berat badan, seperti rasio pinggang dan pinggul.

3.Mengatasi Nyeri Sendi

Mengonsumsi jahe juga dipercaya dapat mengatasi nyeri sendi, khususnya kepada pasien dengan penyakit degeneratif.

Penyakit nyeri sendi degeneratif mengakibatkan tulang rawan sendi rusak dan berkembang lambat (osteoartritis).

Kondisi gejala tersebut dapat diredakan dengan minum jahe. Sebab, rempah ini memiliki zat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di dalam tubuh.

4. Memperkuat imun

Mau imun kalian tetap dalam kondisi yang sehat? Kalian hanya perlu mengonsumsi jahe secara rutin. Karena jahe sendiri mengandung banyak vitamin C serta magnesium.

Kandungan ini yang nantiny akan membantu tubuh kita untuk memperkuat sistem imun.

Selain itu, ternyata jahe juga berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh kita.

5. Menangkal virus

Selain memperkuat imun, ternyata jahe juga membantu tubuh kita untuk menangkal bakteri dan virus tertentu loh. Jahe sendiri memiliki kandungan gingerol yang dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri seperti shigella, E.coli, dan lain-lain.

Selain itu mengosumsi jahe juga bisa mencegah kerusakan DNA serta meredakan stres.

6. Meredakan sakit otot

Minum jahe secara rutin ternyata juga bisa membantu tubuh kita untuk meredakan sakit otot loh. Ada studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, mengatakan bahwa jahe memiliki efek antiperadanagan yang berfungsi untuk mengurangi sakit otot.

Namun perlu disimak lagi bahwa dari banyak sumber yang mengatakan bahwa meredakan sakit otot itu manfaat dari jahe merah.

HM Arum Sabil praktisi Agribisnis saat berada di Ladangnya (Foto: Tunasnegeri)

HM. Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Menurutnya, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.

“Saat memilih jahe terutama jika ingin di gunakan untuk pengobatan, pilihlah jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur,” tutur Arum, dalam keterangan tertulis yang diterima Tunasnegeri.com

Nah barusan adalah 4 manfaat mengosumsi jahe secara rutin, bagi kalian yang merasa sering tidak fit dalam keseharian, kalian wajib untuk coba mengonsumsi jahe secara rutin ya.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like