KESEHATAN

6 Sayuran Kaya Manfaat yang Bisa Ditanam di Rumah Salah Satunya Brokoli

Tunasnegeri.com – Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar rumah. Banyak masyarakat yang mengisi waktu luang ketika di rumah untuk bercocok tanam.

Menyediakan lahan kecil untuk menanam sayuran atau kacang-kacangan untuk kepuasan tersendiri tentunya akan menyenangkan.

Sayur dan kacang-kacangan merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Dan tidak sedikit kebanyakan orang mengkonsumsi sayuran untuk alasan ingin menjaga daya tahan tubuh agar sehat.

Dengan menanam sayur-sayuran dan kacang-kacangan di pekarangan rumah, kamu dapat menjamin kesehatan dari sayur yang kamu konsumsi. Selain itu, kamu bisa menghemat pengeluaran uang belanja.

Berikut adalah enam jenis tanaman kaya protein yang bisa kamu tanam dirumah

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu tanaman kaya protein yang bisa kamu tanam di rumah. Tanaman ini bisa tumbuh pada tanah yang tinggi akan nutrisi dan pH netral. Selain menyehatkan menanam brokoli juga dapat menghemat keuangan.

2. Bayam

Tanaman kaya protein selanjutnya yaitu bayam. Meskipun bayam merupakan salah satu sayuran tetapi bayam tidak kalah tinggi proteinnya dengan daging.

Bayam dapat tumbuh pada area yang terpapar sinar matahari maupun area yang dingin asalkan daerah tersebut memiliki tempat aliran air yang baik.

3.Tomat

Tomat dapat dengan mudah ditanam di dalam pot atau polibag, dan ini membuatnya sempurna untuk kamu tanam di rumah atau balkon apartemen.

4. Edamame

Selanjutnya yaitu edamame, meskipun tanaman lebih praktis membelinya di minimarket. Namun jika kamu ingin memiliki edamame yang lebih sehat kamu bisa menanamnya di halaman rumahmu.

Selain memiliki rasa yang enak edamame juga merupakan salah satu makanan non-daging yang memiliki kandungan protein.

5. Kacang Polong

Biji kacang polong dapat langsung ditanam bijinya di tanah, dengan perawatan yang baik dan tepat, kamu bisa panen. Kacang polong dapat diolah dengan berbagai cara yaitu sebagai cemilan, pendamping sayuran, dan lain-lain. Disarankan menanam kacang polong saat cuaca dingin.

6. Kale

Tanaman ber protein tinggi terakhir adalah kale. Kamu hanya perlu menaburkan benih ditanah pada saat musim dingin, jika dirawat dengan benar dan tepat, tanaman ini akan tumbuh dengan sehat.

H.M Arum Sabil, praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia (Foto Tunas Negeri)

Sementara itu, HM. Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan terdapat banyak manfaat yang bisa didapat dari berkebun sayuran di rumah.

“Ya selain gaya hidup sehat, berkebun juga bermanfaat bagi estetika rumah. Adanya tanaman di sekeliling rumah, akan memberikan kesan asri pada rumah. Bukan hanya berguna sebagai dekorasi rumah, tanaman dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih segar pada rumah,” singkat Arum kepada Tunasnegeri.com dalam pesan singkat melalui WhatsApp. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like