BUDAYA GAYA HIDUP NASIONAL PERISTIWA SOSIAL Uncategorized

Hoaks Pakdhe Karwo Wafat, HM Arum Sabil: Saring Sebelum Sharing

Mantan Gubernur Jatim, Soekarwo

Mantan Gubernur Jatim, Soekarwo

Jumat, 05 Maret 2021

TUNASNEGERI.COM – Mantan Gubernur Jawa Timur, Dr Soekarwo dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut menyebar dengan cepat melalui pesan berantai di Whatsapp sejak Jumat (05/03) pagi.

Saat dikonfirmasi, pihak keluarga tokoh yang akrab disapa Pakdhe Karwo, langsung membantah kabar tersebut. “Kabar itu tidak benar, hoaks. Alhamdulillah bapak sehat-sehat saja tidak kurang apapun,” ujar Nina Kirana, istri Pakde Karwo saat dikonfirmasi pada Jumat (05/03) siang.

Nina menyayangkan tersebarnya hoaks soal Pakdhe Karwo tersebut. “Banyak pihak yang langsung menghubungi kami untuk mengkonfirmasi kabar tersebut,” lanjut Nina.

HM Arum Sabil, tokoh pertanian Jember
HM Arum Sabil, tokoh pertanian Jember

Salah satu pihak yang mengkonfirmasi dan meragukan kabar tersebut adalah HM Arum Sabil, tokoh masyarakat dan pertanian asal Jember.

“Sangat disayangkan ada yang menyebarkan kabar hoaks soal meninggalnya orang lain. Karena itu, di sinilah pentingnya kita berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan sebuah kabar,” ujar HM Arum Sabil.

Perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, menurut pria yang karib disapa Abah Arum ini ibarat pisau bermata dua.

“Di satu sisi, kita bisa mudah mendapatkan dan menyebarkan informasi. Tetapi di sisi lain, jika kita tidak berhati-hati, kita bisa turut menyebarkan hoaks,” papar Arum.

Karena itu, menurut Arum, kecanggihan teknologi informasi perlu diimbangi dengan kebijaksanaan dalam menerima informasi. “Prinsipnya, saring sebelum sharing. Teliti sebelum membagikan informasi,” pungkas Arum.

Berdasarkan penelusuran TunasNegeri.com , kabar hoaks tentang Pakdhe Karwo itu dipicu kesalahan tentang identitas seseorang.

Yakni bukan Pakde Karwo yang meninggal. Melainkan Ir. Soekarwodinoto, yang merupakan mantan Kepala Bappeda Banyuwangi. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like