KESEHATAN

7 Manfaat Mengejutkan dan Kegunaan Beras Hitam, Terbukti Membantu Melindungi dari Penyakit Jantung

Ilustrasi Beras Hitam. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Beras telah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat di Indonesia. Karena, seperti yang telah diketahui Indonesia merupakan negara agraris.

Biasanya kita mengonsumsi beras putih yang mudah ditemui di pasaran, namun sebenarnya ada beragam jenis beras dengan manfaatnya masing-masing.

Salah satunya beras hitam, yaitu jenis beras yang termasuk dalam spesies Oryza sativa L. Uniknya, di Tiongkok kuno dikatakan bahwa beras hitam dianggap sangat unik dan bergizi sehingga dilarang untuk semua orang kecuali bangsawan.

Meski terkadang sulit ditemukan, jenis beras yang satu ini dikenal memiliki nutrisi paling baik jika dibandingkan dengan varietas beras lain.

Dilansir dari Healthline, berikut ini manfaat dan kegunaan beras hitam.

1. Sumber yang baik dari beberapa nutrisi

Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam merupakan salah satu yang paling tinggi protein.

Per 3,5 ons (100 gram), beras hitam mengandung 9 gram protein, dibandingkan dengan 7 gram untuk beras merah.

Ini juga merupakan sumber zat besi yang baik, mineral yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

2. Kaya akan antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung lebih dari 23 jenis antioksidan dan memiliki aktivitas antioksidan tertinggi dari semua varietas beras.

Bahkan, selain antosianin, beras hitam telah ditemukan mengandung lebih dari 23 senyawa tanaman dengan sifat antioksidan, termasuk beberapa jenis flavonoid dan karotenoid.

Oleh karena itu, menambahkan beras hitam ke dalam makanan Anda bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan lebih banyak antioksidan pelindung penyakit ke dalam makanan.

3. Mengandung senyawa tanaman anthocyanin

Antosianin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna hitam-ungu beras terlarang. Ini juga ditemukan memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker yang kuat.

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Beras hitam mengandung antioksidan yang telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek beras hitam pada penyakit jantung.

5. Dapat mendukung kesehatan mata

Beras hitam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang keduanya telah terbukti melindungi retina Anda dari radikal bebas yang berpotensi merusak.

Sementara anthocyanin juga dapat melindungi kesehatan mata, penelitian pada manusia saat ini masih kurang.

6. Dapat membantu penurunan berat badan

Mengingat beras hitam merupakan sumber protein dan serat yang baik, beras hitam dapat membantu menurunkan berat badan.

Juga, sementara penelitian pada hewan menunjukkan bahwa anthocyanin mungkin memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan.

7. Mudah dimasak dan disiapkan

Nasi hitam disiapkan mirip dengan jenis nasi lainnya dan dapat ditambahkan ke berbagai hidangan gurih dan manis.

Sementara itu, HM Arum Sabil, seorang Praktisi Agribisnis Pertanian dan Peternakan Indonesia menuturkan bahwa sebagai negara agraris, banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani. Salah satunya, sebagai petani padi yang mana hasil produksinya adalah beras sebagai makanan pokok sehari-hari.

“Mayoritas masyarakat Indonesia saat ini mengonsumsi beras putih. Namun, dengan adanya keanekaragaman macam beras dengan kandungan yang beragam tentunya dapat memberikan pilihan kepada masyarakat untuk dapat menyesuaikan kebutuhan nutrisi harianya. Hal ini juga mendorong terjadinya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan,” pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like