INTERNASIONAL

92 Kasus Cacar Monyet ditemukan di 12 Negara

Ilustrasi Cacar monyet (Foto: Freepix).

Tunasnegeri.com – Sejak 13 Mei 2022, kasus cacar monyet telah dilaporkan ke WHO dari 12 Negara Anggota yang tidak endemik virus cacar monyet, di tiga wilayah WHO.

Dalam situs resmi World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyelidikan epidemiologi sedang berlangsung, namun, kasus yang dilaporkan sejauh ini tidak memiliki hubungan perjalanan yang mapan ke daerah endemik.

Berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, WHO telah mengidentifikasi cacar monyet terjadi karena adanya laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Bukti yang ada saat ini juga menunjukkan bahwa yang paling berisiko terkena cacar monyet adalah mereka yang pernah melakukan kontak fisik dekat dengan seseorang yang mengidap cacar monyet, sementara mereka masih menunjukkan gejala.

Berikut ini 12 negara dengan kasus cacar monyet yang melaporkan ke WHO hingga 21 Mei 2022.

1. Australia
2. Belgium
3. Kanada
4. Prancis
5. Jerman
6. Italia
7. Belanda
8. Portugal
9. Spanyol
10. Swedia
11. Inggris
12. Amerika

Terkonfirmasi ada total 92 kasus dan jumlah kasus terbanyak terdapat di Portugal, Spanyol dan United Kingdom.

Sampai saat ini, semua kasus yang sampelnya dikonfirmasi oleh PCR telah diidentifikasi terinfeksi clade Afrika Barat.

Urutan genom dari sampel swab dari kasus yang dikonfirmasi di Portugal, menunjukkan kecocokan virus monkeypox yang menyebabkan wabah saat ini, dengan kasus yang diekspor dari Nigeria ke Inggris, Israel dan Singapura pada 2018 dan 2019.

Sementara itu, Negara-negara endemik cacar monyet adalah: Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Ghana (hanya diidentifikasi pada hewan), Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, Sierra Leone, dan Sudan Selatan. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like