EKONOMI

Ada Exit Tol Jember dalam Rencana Pembangunan Kawasan

| tunasnegeri.com | Ekonomi | Selasa | 23 Juni 2020 | 16:09 WIB |

Jember Kota – Wakil Bupati Jember A Muqit Arief, Selasa, 23 Juni 2020, mengungkap ada exit tol di Jember dalam rencana pembangunan kawasan Lintas Selatan.

Seperti diketahui, pemerintah membangun jalan tol di kawasan Lintasan Selatan hingga Banyuwangi.

Pembangunan itu akan melibatkan Pemerintah Kabupaten Jember untuk membuat exit tol dari Probolinggo – Lumajang, Lumajang – Jember.

“Istilahnya akan ada lingkar tol,” ungkap Muqit di ruang kerjanya usai rapat koordinasi secara daring dengan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Pemerintah Kabupaten Jember akan mengawal pembangunan ekonomi kawasan di Jawa Timur itu, yang telah tertera dalam Perpres nomor 80 tahun 2019.

“Pembangunan yang dilakukan di Jawa Timur sudah ada di perpres tersebut, yang akan menekankan pembangunan kawasan dan tentu harus ada pengawasan yang tetap ditegakkan,” katanya.

Perpres itu berisi tentang percepatan pembangunan di empat kawasan. Yakni Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan (Gerbangkertosusilo), Kawasan Bromo – Tengger – Semeru (BTS), Kawasan Selingkar Wilis, dan Kawasan Lintas Selatan.

Wilayah-wilayah dalam kawasan itu harus berkolaborasi dan bersinergi untuk percepatan pembangunan di Jawa Timur, yang anggarannya berasal dari pemerintah pusat, provinsi, serta pemerintah daerah masing-masing.

“Semua itu sudah direncanakan sedemikian rupa, sehingga nanti masing-masing daerah itu harus berintegrasi satu sama lain atau menjadi kesatuan. Maka, pembangunan dijalankan tidak secara parsial atau sebagian-sebagian,” katanya. (Red)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like