EKONOMI KESEHATAN

Ajak Berkebun Pisang, Postingan Gubernur Khofifah Tuai Respon Banyak Pihak

Gubernur Jatim, Khofifah saat memegang pisang hijau berukuran besar di kantornya. (Foto: Akun IG Khofifah.ip )

Gubernur Jatim, Khofifah saat memegang pisang hijau berukuran besar di kantornya. (Foto: Akun IG Khofifah.ip )

 

Jumat, 12 Maret 2021

TunasNegeri.com – Sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu perhatian utama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sejak awal menjabat. Tak hanya dituangkan dalam bentuk kebijakan, juga berupaya meningkatkan nilai ekonomi agrobisnis Jatim lewat hal-hal sederhana.

 

Salah satunya dengan postingan di media sosial. Seperti postingan yang diunggah Gubernur Khofifah pada Rabu (10/03) lalu. Dalam sebuah foto yang diunggah di akun resmi Facebook dan Instagram miliknya, Khofifah tampak memegang sebuah pisang hijau berukuran besar.

 

Satu tandan pisang itu bahkan seukuran tinggi gubernur perempuan pertama di Jatim itu. Buah pisang hijau itu tampak bersih dan lebat. Mengenakan masker sesuai protokol kesehatan, Khofifah nampak memegang pisang hijau berukuran besar itu di salah satu ruang kantornya.

 

“Opsi menarik bagi yang minat berkebun. Pisang ini namanya pisang hijau (penamaan sementara) . Baru dikembangkan di Malang tahun 2017 . Saat ini ditanam seluas tiga hektar. Tersebar di 5 desa Kec. Dampit dan Kec Sumbermanjing Wetan Kab Malang.
Panen perrumpun per tahun 3 sampai 4 kali. Ada yang minat ?” Begitu tulis Khofifah di caption fotonya.

 

Tak pelak, postingan Khofifah itu mengundang beragam respon. Bahkan mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan juga tergelitik mengomentari postingan itu. “Top…” ujar Jonan sembari menambahkan emoticon senyum dan jempol.

 

Hingga Jumat (12/03) pagi, postingan itu sudah mendapat lebih dari 750 komentar dan 27 ribu lebih tanda like, di akun Instagram. Adapun di Facebook, postingan Khofifah itu sudah mendapat komentar dari 263 warganet dan 2.630 tanda like serta dibagikan sebanyak 90 kali.

 

Postingan tentang pisang hijau oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, direspon positif oleh warganet. (Sumber foto: Akun IG Khofifah)
Postingan tentang pisang hijau oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, direspon positif oleh warganet. (Sumber foto: Akun IG Khofifah)

 

Dilansir dari situs hallosehat.com , terdapat beberapa kandungan gizi dari pisang yang memiliki nama latin Musa paradaisica ini. Khususnya pisang hijau yang lebih rendah kalori dibandingkan pisang kuning. Pisang hijau juga membantu merasa kenyang lebih lama dan bisa menurunkan gula darah.

 

Secara umum, pisang juga kaya anti oksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. Pisang juga kaya akan kandungan vitamin, khususnya vitamin A, B1, B2, B3, dan vitamin C .

 

Ajakan untuk bertani pisang yang disampaikan Gubernur Khofifah ini disambut baik oleh praktisi pertanian Jatim, HM Arum Sabil. Sebagai tokoh masyarakat yang mengawali karirnya sebagai petani, Arum sadar betul bahwa sektor pertanian di Jatim saat ini membutuhkan berbagai inovasi dan dukungan dari pemerintah.

 

“Hal itu sudah dimulai oleh ibu gubernur, baik melalui kebijakan maupn hal sederhana seperti yang sering beliau lakukan di media sosial. Saya harap ini bisa mendorong juga generasi muda untuk mau terjun ke pertanian,” tutur Arum.

 

Keterlibatan generasi muda di pertanian, diharapkan Arum bisa mendorong inovasi bisnis. “Khususnya di sektor pengolahan dan distribusi. Termasuk komoditas pisang yang banyak ditanam oleh warga Jatim sebagai tumpuan harapan,” pungkas Arum.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like