TIPS

Alternatif Pengganti Minyak Goreng, Salah Satunya Minyak Alpukat dan Minyak Kelapa

 

Ilustrasi minyak. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Minyak menjadi salah satu primadona yang saat ini banyak diburu. Kebutuhan minyak sebagai salah satu bahan untuk kebutuhan dapur sehari-hari masih sulit untuk digantikan bagi para ibu rumah tangga khususnya.

Harga minyak goreng melonjak naik dan ketersediaan beberapa merk minyak goreng dipasaran jelang hari raya Idul fitri temtu akan menipis.

Tak jarang banyak masyarakat mulai bingung mencari minyak goreng dengan harga terjangkau. Padahal, masih ada alternatif lain yang dapat menggantikan minyak sebagai bahan dasar untuk menumis atau menggoreng.

Terdapat beberapa alternatif lain sebagai pengganti minyak goreng untuk mengatasi kelangkaan tersebut, yaitu margarin, mentega, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak canola, minyak alpukat, minyak dari lemak ayam, dan air fryer.

1. Mentega dan margarin

Mentega dan margarin merupakan bahan yang paling sering didengar dan mudah didapat oleh sebagian besar masyarakat. Mentega yang merupakan produk olahan dari susu hewani, umumnya sering digunakan untuk olahan kue dan roti.

Berbeda dengan mentega, margarin dibuat dari minyak nabati dan memiliki warna yang lebih pucat.

2. Minyak kelapa

Tentu sudah tak asing bagi sebagian besar masyarakat. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengganti minyak goreng, minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Sebagai minyak goreng, minyak kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya mengurangi potensi penyakit jantung dan dapat menurunkan kolesterol jahat.

3. Minyak zaitun

Ternyata minyak Zaitun juga bisa digunakan sebagai ganti minyak goreng untuk menumis. Namun, minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah sehingga jika terlalu panas dapat merusak kandungan sehingga kurang baik untuk dikonsumsi.

4. Minyak Canola

Minyak yang terbuat dari biji canola juga hampir sama dengan minyak zaitun. Minyak jenis ini tidak dapat digunakan untuk menggoreng dengan metode deep-frying.

Sehingga hanya dapat digunakan untuk menumis, memanggang, dan menggoreng pan-frying.

5. Minyak alpukat

Sesuai dengan namanya, terbuat dari buah alpukat yang di ekstrak. Minyak alpukat memiliki titik asap yang cukup tinggi, sehingga stabil ketika dipanaskan dan mampu digunakan untuk menggoreng deep-frying.

6. Minyak lemak ayam,

Nah biasanya diperoleh dari menumis kulit ayam hingga mengeluarkan minyak. Minyak lemak ayam sendiri umumnya bisa digunakan untuk menumis dan sebagai campuran makanan.

7. Air fryer

Kalau ini merupakan alternatif pengganti minyak goreng yang berupa alat. Air fryer merupakan solusi memasak tanpa membutuhkan minyak, karena alat tersebut bekerja dengan menyebarkan udara panas. (Arip Ripaldi).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like