EKONOMI PERTANIAN

Arum Sabil: Ekspor Pertanian Naik 4,18 Persen Selama November

Tunasnegeri.com – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis kinerja ekspor nasional bulan November 2021 mencapai 22,84 miliar dolar AS atau naik 3,69 persen dibandingkan Oktober 2021. Ekspor sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan tercatat mencapai 430 juta dolar AS atau meningkat 4,18 persen dari bulan sebelumnya namun turun 4,83 persen dibanding November 2020.

“Kenaikan ekspor pertanian disumbang oleh peningkatan ekspor kopi apabila kita amati di data BPS,” ujar Ketua Kwarda Jatim yang aktif dengan program pramuka produktif di bidang pertanian,

Foto petani Indonesia

Adapun, kinerja ekspor pertanian bila dihitung secara kumulatif pada kurun waktu Januari-November 2021 juga mencatat transaksi sebesar 3,83 miliar dolar AS. Kinerja tersebut tersebut meningkat 4,03 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 3,69 miliar dolar AS.

mencatat transaksi sebesar 3,83 miliar dolar AS. Kinerja tersebut tersebut meningkat 4,03 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 3,69 miliar dolar AS.

“Hingga November kemarin, tercatat ekspor pertanian 2021 berkontribusi sebesar 1,83 persen dari total ekspor Indonesia dan angka ini pasti akan terus bergerak melihat produktifitas yang meningkat, kami berharap regenerasi petani muda dapat terjadi dan didukung para start up pertanian yang menciptakan inovasi-inovasi,” katanya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like