PERTANIAN

Arum Sabil : Pertanian Solusi Jutaan Orang Terdampak Pandemi

Ketua Kwarda Jatim HM. Arum Sabil saat berada di lahan pertaniannya (Foto: Tunasnegeri)

Tunasnegeri.com – Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil mengatakan bahwa sektor pertanian sejauh ini merupakan penyelamat bagi jutaan orang yang kehilangan lapangan pekerjaan di Indonesia. Apalagi menurut dia, angka pengangguran sampai tahun 2021 ini kurang lebih mencapai 11,4 persen.

“Karena itu pertanian adalah sumber pekerjaan yang dominan dan angkanya selama pandemi mencapai 30 persen dan tentu sangat menjanjikan selama manusia di muka bumi ini butuh makan.”

Berkaitan dengan hal ini, Hermanto mengatakan bahwa dukungan pemerintah terhadap pengelolaan petani muda perlu dodorong secara serius. Terutama dalam menghadapi gelombang petani tua yang semakin menurun.

“Yang mau saya tekankan pada SDM pertanian itu adalah menghadapi beberapa kritikal. Yang paling utama adalah usia petani yang semakin tua. Dan ini masalah buat kita terkait regenerasi petani ini,” katanya.

Tapi di samping itu, Arum Sabil mengapresiasi upaya pemerintah dalam melakukan pelatihan 1 juta petani milenial. Bahkan dia mengapresiasi ruang pusat data Agriculture War Room (AWR) yang mampu menjangkau persoalan pertanian di lapangan.

Arum Sabil juga menyatakan regenerasi yang terus berjalan juga memastikan pertanian nasional terus menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk Indonesia.”Karena itu kami fokus pada regenerasi dan pendampingan petani milenial. Mereka akan kami kawal hingga menjadi wirausahawan handal,” tuturnya.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like