EKONOMI HUKUM

Awasi BBM Solar Bersubsidi, Pemerintah Akan Tindak Tegas Penyeleweng

Ilustrasi tempat pengisian BBM Solar bersubsidi. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Pemerintah akan ambil langkah tegas jika terjadi penyelewengan dalam penjualan BBM Solar Bersubsidi.

“Kami akan mendisiplinkan hal tersebut. Terutama truk-truk dari perusahaan tambang,” tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dikutip dari PMJ News, pada Jumat (8/4/2022).

“Melalui Direktorat Mineral dan Batubara, kami juga akan mengimbau mereka untuk tidak menggunakan BBM subsidi, jika tidak dihiraukan akan kami berikan tindakan tegas,” sambungnya panjang lebar.

Selain mengawasi, pemerintah juga turut mengendalikan penjualan solar subsidi. Menurut Arifin, saat ini PT Pertamina (Persero) juga akan membagikan dan mewajibkan pembelian solar subsidi dengan kartu kendali.

“Untuk kartu itu akan digunakan untuk mencatat pembelian solar bersubsidi. Pada kartu kendali itu tercantum nomor polisi (nopol) kendaraan dan jenis kendaraan,” tutur Arifin.

Lebih jauh Arifin, juga menegaskan bahwa saat ini pemerintah punya beberapa tindakan tegas untuk menjerat setiap pelaku penyelewengan solar subsidi.

“Mulai dari penghentian operasi sampai pidana. Yang mana, hal itu merupakan upaya menjamin ketersediaan solar subsidi dan penyalurannya tepat sasaran,” katanya.

Nantinya, petugas akan mencatat jenis kendaraan, nomor polisi, serta jumlah pembelian solar bersubsidi yang dilakukan konsumen di SPBU.

Selain ini, pemerintah juga mengambil langkah lain seperti melakukan pengaturan jam pelayanan solar bersubsidi di SPBU serta pelarangan adanya antrian sebelum jam pelayanan.

“Bila terdapat penyelewengan solar bersubsidi, maka penertiban pelaku penyelewengan akan ditindak secara tegas oleh pihak kepolisian atau Dinas Perhubungan. Kemudian juga akan diberikan sanksi kepada operator maupun penyalur,” tegasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like