PENDIDIKAN

Bangun Student Service Center, Unej Permudah Kebutuhan Akademik

Rektor UNEJ memotong pita tanda peresmian Student Service Center. (Foto: Humas Unej For Tunasnegeri).

Tunasnegeri.com – Para mahasiswa Universitas Jember yang membutuhkan surat keterangan aktif kuliah, surat keterangan penelitian, legalisir ijazah, informasi beasiswa dan layanan kemahasiswaan lainnya tidak perlu lagi repot.

Cukup datang ke Student Service Center (SSC), maka keperluan terkait kebutuhan akademik dan kemahasiswaan bakal mendapatkan solusi. Keberadaan fasilitas SSC yang berada di lantai satu gedung serbaguna di selatan gedung rektorat ini diresmikan oleh Rektor Universitas Jember hari Selasa (12/4). Selain meresmikan fasilitas SSC, Rektor juga meresmikan sembilan gedung lainnya yang tersebar di Universitas Jember Kampus Tegalboto, Jember, serta di Kampus Bondowoso dan Kampus Pasuruan.

Dalam sambutan peresmiannya, Rektor Universitas Jember menjelaskan pembangunan SSC dalam rangka meningkatkan layanan kepada pelanggan utama perguruan tinggi, yakni mahasiswa.

“Semenjak berubah menjadi perguruan tinggi berstatus Badan Layanan Umum maka Universitas Jember dituntut lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan di segala bidang. Jadi pada dasarnya keberadaan Student Service Center menjadi bagian tak terpisahkan dari penguatan tata kelola, pemberian kemudahan akses layanan serta memacu inovasi layanan yang ada di Universitas Jember. Tujuan akhirnya adalah terwujudnya good university goverment,” jelas Iwan Taruna, dalam rilis yang diterima Tunasnegeri.com.

Rektor Universitas Jember kemudian menambahkan, keberadaan fasilitas layanan yang terintegrasi seperti SSC akan memudahkan evaluasi sebuah program layanan secara berkelanjutan. Mengingat setiap pertanyaan, keluhan dan masukan akan tercatat.

Nantinya dari evaluasi tersebut diharapkan muncul inovasi layanan lainnya. “Dengan adanya fasilitas SSC maka sebuah layanan memiliki standar tertentu, semisal legalisir ijazah harus sudah jadi sekian hari, begitu pula layanan lainnya.

“Fasilitas SSC akan dilengkapi aplikasi layanan kemahasiswaan yang terkait sehingga mahasiswa yang memerlukan layanan nantinya akan menggunakan aplikasi tertentu dan tinggal mengambil di fasilitas SSC. Jadi layanan yang diberikan berbasis pada sistem one stop service,” imbuh Iwan Taruna.

Selain meresmikan fasilitas SSC, pagi itu Rektor Universitas Jember juga meresmikan sembilan fasilitas gedung lainnya, diantaranya gedung Apotek UNEJ Medical Center (UMC) Prima, gedung UMC Kampus Pasuruan, Cafetaria Integritas Fakultas Hukum, Gedung Perkuliahan Universitas Jember Kampus Bondowoso, gedung perkulian dan manajemen Fakultas Ilmu Komputer, serta empat gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Farmasi.

Khusus untuk gedung UKM dan Ormawa di empat fakultas dibangun dengan tiga lantai yang memadukan antara fasilitas kantin, ruang kerja bagi UKM dan Ormawa serta ruang terbuka yang bisa digubakan sebagai wahana diskusi dan unjuk kemampuan bagi mahasiswa.

“Dengan adanya fasilitas gedung UKM dan Ormawa, maka mahasiswa yang sedari pagi hingga sore beraktivitas di kampus makin betah sebab untuk keperluan makan dan diskusi sambil nyantai sudah ada hinga tak perlu keluar kampus,” ujar Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Soetriono.

Kebanggaan juga disampaikan oleh koordinator Universitas Jember Kampus Bondowoso, M. Fathorrozy. Menurutnya keberadaan gedung baru lima lantai di kampusnya menjadi gedung perkuliahan tertinggi di Bondowoso. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like