SOSIAL

Berhasil Buat Data 43 Macam Sasaran Bantuan

| tunasnegeri.com | Sosial | Jum’at | 15 Mei 2020 | 14:23 WIB |

Jember Kota – Pemerintah Kabupaten Jember berhasil melakukan pembaruan data penerima manfaat bantuan, sekaligus mengelompokkan dalam 43 macam.

Bupati Jember, Faida, menjelaskan, 43 macam sasaran bantuan tersebut dilakukan melalui pembaruan data kemiskinan yang tidak ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Akhirnya kita bisa lihat ada 307 ribu data kemiskinan yang ada di Jember,” ungkap kata Faida di Pendapa Wwahyawibawagraha, Jum’at, 15 Mei 2020.

Data itu termasuk penerima lama Program Keluarga Harapan (PKH), penerima lama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), ditambah perluasan kartu sembako dan bantuan sosial tunai.

Dari 307 ribu itu, ada 74 ribu yang belum menerima bantuan. Mereka itu kemudian dimasukkan ke dalam sasaran penerima jaring pengaman sosial.

Di luar DTKS, masih kata Faida, ada 120 ribu data hasil dari survei dan verifikai mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Jember dan Satgas Duafa yang dibentuk Pemkab Jember untuk pembaruan data.

Dari 120 ribu, ada 80 ribu yang belum masuk DTKS. Mereka itu akan dimasukkan ke dalam jaring pengaman sosial ketika dalam keadaan darurat saat ini.

Bupati menjelaskan, data tersebut dipilah dengan menggunakan NIK dan KK. Ssehingga diperoleh tiga kelompok besar: keluarga KK lansia, keluarga KK difabel, dan KK usia produktif.

“Kita beri stiker bagi rumah yang menerima, dengan nama peduli lansia, peduli difabel, dan peduli duafa,” terangnya.

Dari tiga kelompok itu berasal dari DTKS dan non-DTKS hasil dari verval. Data itu akan disandingkan, sehingga tidak ada tumpang tindih. (Red)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like