PERTANIAN

Bisa Jadi Pengendali Hama, Tanaman Refugia Musuh Alami Predator dan Parasitoid

Tanaman Refugia yang ditanam berdampingan dengan padi untuk mengusir hama

Tunasnegeri.com – Tanaman refugia diyakini efektif mengusir hama. Refugia adalah berbagai jenis tumbuhan atau tanaman yang dapat mengundang dan menyediakan musuh alami seperti predator dan parasitoid sebagai mikrohabitanya dengan harapan bisa mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) secara alami.

Dengan adanya tanaman refugia, diyakini dapat mengundang musuh alami seperti capung, laba-laba, lebah, dll.

Tanaman ini juga menyediakan tepungsari sebagai makanan alternatif bagi predator. Sebagai mikrohabitat predator dan parasitoid.

Selain itu, taman ini dapat mempercantik lahan pertanian karena mempunyai warna bunga yang mencolok. Jika dikelola dengan Pemanfaatan pematang dengan maksimal ini dapat Melestarikan lingkungan.

HM Arum Sabil praktisi pertanian saat berada di Ladangnya (Foto: Tunasnegeri)

Seorang praktisi pertanian peternakan perikanan dan perkebunan di kabupaten Jember, H.M Arum Sabil, juga menerangkan hal serupa.

Menurutnya, tanaman refugia itu termasuk komponen dalam pengembangan budi daya tanaman sehat.

“Ya prinsipnya budi daya tanaman sehat itu kan meminimalisir penggunaan bahan kimia. Selain itu memperbaiki sifat fisiologis tanah,” ujar Arum kepada Tunasnegeri.com.

Pendiri Pelita Hati School ini juga mendorong pemanfaatan tanaman refugia ini sebagai bagian dari pengendalian OPT secara alami.

“Pemanfaatan tanaman refugia ini harus mulai di tetapkan pada para petani di Indonesia. Karena ini mampuh melindungi tanaman yang di budidayakan,” tambahnya.

Selain itu, Arum juga menambahkan banyaknya tanaman refugia, diantaranya bisa berasal dari tanaman hias, tanaman sayuran, gulma bahkan dari jenis tanaman liar.

“Jenis refugia itu banyak, seperti berasal dari tanaman hias, ada bunga mahari, bunga kertas dan bunga kenikir. Dari sayuran antara lain kacang panjang, bayam, dan jagung bahkan dari tanaman liar pun ada,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like