GAYA HIDUP KECANTIKAN

Cangkang Telur Banyak Manfaat, Jangan Dibuang!

JEMBER – Kebanyakan orang setelah isi telur digunakan untuk bahan masakan, cangkang telur selalu langsung dibuang.  Hari ini jangan jadikan cangkang telur berakhir di tempat sampah, karena bisa dimanfaatkan lho…

Padahal cangkang telur sendiri mempunyai 95% kalsium karbonat, atau sekitar 2 gram kalsium. Dan itu melebihi 2 sampai 4 kali dari rekomendasi kalsium harianmu, sisanya meliputi protein dan mineral. Cangkang telur juga bisa untuk dimakan dan juga bisa bermanfaat bagi kecantikanmu juga. Yuk, kita simak apa saja manfaat telur untuk kebutuhan kita sehari-hari

  1. Perawatan Wajah

Meskipun terdengar aneh, tetapi benar adanya loh bahwa cangkang telur bisa untuk kebutuhan kecantikanmu. Dengan cara, bersihkan cangkang telur hingga bersih dan keringkan agar steril, lalu haluskan cangkang telur dan campurkan dengan madu.

  1. Pupuk Tanaman

Selain untuk perawatan kulit kamu, cangkang atau kulit telur bisa digunakan untuk pupuk tanaman. Selain mudah juga bisa untuk menghemat pengeluaran Anda untuk membeli pupuk tanaman Anda karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya yaitu, bersihkan cangkang kulit, lalu hancurkan dan campurkan serbuk kulit telur dengan pisang. Lalu terakhir anda bisa taburkan ke tanaman kamu.

  1. Menghilangkan Noda Kopi

Kulit telur juga bisa membersihkan noda kopi pada wadah minuman kamu. Caranya yaitu hancurkan kulit telur bekas, lalu masukan bubuk kulit bekas dengan air, lalu kocok wadah minuman kamu. Kemudian Anda bisa liat hasilnya.

  1. Makanan Burung

Manfaat cangkang telur lainnya yaitu bisa untuk makanan peliharaan burung. Karena kulit telur banyak manfaatnya untuk peliharaan anda. Caranya yaitu panggang kulit telur di suhu 250 derajat sampai kering. Lalu Anda bisa taburkan di tempat peliharaan burung kamu.

  1. Formula Pembersih Kamar Mandi

Yang terakhir, manfaat kulit telur bisa digunakan untuk bahan membersihkan wastafel, keramik kamar mandi dan lain-lain. Caranya itu dengan campurkan bubuk kulit telur dengan baking soda dan perasan jeruk nipis. Lalu Anda bisa melihat hasilnya.

Dari informasi di atas, kalian tidak menyangka kan, jika ternyata cangkang telur bisa sangat bermanfaat. Mulai hari ini cangkang telur jangan dibuang ya! (*)

Pewarta: Farahilah Maitsa Soraya

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like