TIPS

Catat! 4 Teknik Dasar Mengemudi yang Harus Dikuasai agar Makin Mahir Berkendara menurut Arum Sabil

HM Arum Sabil. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Seiring perkembangan zaman, mengemudi menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh masyarakat untuk berpindah dari satu tujuan ke tujuan lainnya.

Dari pengamatan HM Arum Sabil seorang pengusaha di bidang agribisnis yang juga memiliki beberapa koleksi roda empat, mengutarakan bahwa mengemudi bukan kemampuan yang sepele. Karena, dibutuhkan tanggung jawab yang besar saat berada di jalan.

Menurut pria yang akrab di sapa Abah Arum, jika mengemudikan mobil dilakukan tidak sesuai aturan, maka akan merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain, bahkan bisa berakibat fatal bila sampai terjadi kecelakaan.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai angka 103.645 kasus pada tahun 2021. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan data tahun 2020 yang sebanyak 100.028 kasus.

“Terjadinya kecelakaan itu rata-rata karena beberapa faktor, seperti pengemudi yang lengah, tidak tertib, dan tidak terampil,” ujar Abah Arum, saat ditemui Tunasnegeri.com, pada Jumat (27/5/2022).

Abah Arum menjelaskan jika ingin belajar mengemudi, baiknya perhatikan skill ini agar aman dan semakin cepat bisa.

1. Pahami Jenis Mobil

Agar cepat mahir yang pertama adalah memahami jenis mobil yang digunakan. Secara garis besar, ada dua jenis transmisi mobil yang bisa dipilih, yaitu mobil manual dan matic.

“Dari segi komponen dan pengendalian, mobil manual lebih rumit daripada mobil matic. Selain itu, memerlukan fokus lebih banyak saat mengendarai mobil manual, karena pengaturan gigi, pedal rem, dan gasnya tidak otomatis,” ujarnya.

Meski demikian, mobil matic juga punya beberapa kelemahan, seperti biaya perawatan mahal, sering bermasalah di tanjakan, dan boros bahan bakar.

2. Berlatih mengendalikan Rem, Gas, dan Kopling

Tiga komponen ini adalah paling penting dalam mengemudikan mobil dibandingkan fitur lainnya.

“Pahami tiga pedal tersebut dengan matang. Sebelum menjalankan mobil, kuasai cara menekan pedalnya, yaitu menginjak penuh dan melepaskannya secara perlahan. Jangan buru-buru melepaskan pedal karena bisa membuat mobil shock atau mati mendadak,” jelasnya.

3. Perhitungan jarak secara akurat

Menghitung jarak secara akurat adalah kemampuan mengemudi yang harus dikuasai, terutama untuk pengendara mobil. Karena, mobil punya dimensi dan behavior yang berbeda ketimbang motor.

“Kalau motor bisa dengan mudah meliuk-liuk karena ramping dan sasis motor menunjang kegiatan tersebut. Nah, sedangkan untuk mobil berbeda, sudah terlihat dari ukurannya kan,” tuturnya.

4. Mengendalikan Emosi

Bukan hanya keterampilan mengendalikan mobil saja yang harus dimiliki oleh seorang pengemudi, tetapi juga keterampilan mengendalikan emosi saat berkendara.

“Soft skill ini berperan sangat penting. Jika memiliki pengendalian emosi yang baik dalam mengoprasikan kendaraan akan lebih mudah saat dihadapkan dalam situasi yang berubah cepat,” katanya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like