KESEHATAN

Datangkan 10 Ribu Vaksin, Pemkab Jember Lakukan Metode Baru

Tunasnegeri.com – Pemkab Jember terus berupaya untuk mendatangkan vaksinasi covid-19. Hingga kini 10 ribu vaksinasi yang akan diberikan kepada masyarakat sudah di siapkan.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan hal itu usai memimpin rapat koordinasi implementasi PPKM Darurat di Pendapa Wahyawibawa Jember, Rabu (7/7/2021).

“Insyaallah besok akan datang 10 ribu vaksin. Jember dapat jatah 10 ribu, alhamdulillah akan kami lakukan vaksinasi,” tutur Hendy.

Hendy juga mengatakan, pihkanya akan menerapkan metode baru dalam pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Yakni dengan mendatangi langsung masyarakat ke rumahnya (door to door).

“Kami sebar langsung, supaya lebih cepat terealisasi. Dan kami akan melakukan door to door nanti tidak dengan mengundang. Akan kami lakukan dengan Forkopimda semuanya,” ungkapnya.

Hendy juga kembali mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi PPKM Darurat dan protokol kesehatan (prokes).

Dikonfirmasi terpisah, HM Arum Sabil seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengatakan vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

H.M Arum Sabil, praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia (Foto Tunas Negeri)

Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksinasi covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

“Ya meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19,” ujar Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur tersebut.

Lebi jauh, Wakil ketua DPP HKTI ini juga menjelaskan, masyarakat harus memastikan untuk selalu mempertahankan daya tahan tubuh.

“Sembari menunggu giliran untuk diberikan vaksin maupun setelahnya. Imunitas tubuh harus tetap terjaga. Karena, kalau imunnya kuat dapat dipastikan tidak akan mudah sakit,” ujarnya.

“Vaksin covid-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa serta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan kondisi negara kita,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga 7 Juli 2021 dari target 232.870 orang, total capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jember untuk tahap pertama sebanyak 171.150 orang. Sedangkan vaksinasi tahap kedua mencapai 68.762 orang. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like