PERTANIAN

Digitalisasi Sektor Pertanian, Apa Manfaatnya? Ini Kata Arum Sabil

HM. Arum Sabil usai terapkan drip irrigation di lahannya (Foto: Tunasnegeri.com)

Tunasnegeri.com – Pertanian merupakan sektor penting yang menopang berlangsungnya peradaban manusia di mana pun, termasuk di Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, yang sebagian besar penduduknya menggantungkan diri pada sektor pertanian. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia pun ditopang oleh sektor pertanian.

“Berdasarkan hal itu, kami mencoba untuk melihat persoalan di sektor pertanian, terutama petani. Narasi besarnya adalah sektor pertanian itu penting dan berdampak besar bagi bangsa dan negara, tetapi mengapa presepsi masyarakat mengatakan petani itu miskin. Itu merupakan pertanyaan yang paling mendasar,” ujar HM Arum Sabil praktisi agribisnis nasional

“Hasil yang mereka peroleh digunakan untuk modal dan berputar-putar saja pada persoalan itu,” imbuh Arum yang fokus mengembangkan pertanian di Padepokan HM Arum Sabil di Jember ini. Ia menilai bahwa saat ini potensi digital itu sangat besar.

Bagi Arum, saat ini orang semakin melek dengan teknologi digital. Berdasarkan data, ia menyebut bahwa pengguna Internet itu sebesar 70 persen dari jumlah penduduk.

“Berdasarkan kondisi itu, kami melihat bahwa salah satu solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani adalah memanfaatkan potensi digital yang ada, baik itu berkaitan dengan budi daya, maupun di luar budi daya. Jadi, kami berusaha untuk menganalisis penggunaan teknologi baru yang mungkin bisa meningkatkan produksi maupun kualitas budi daya yang dilakukan petani seperti yang coba saya lakukan dengan metode automation drip irrigation,” kata Arum.

Ia kemudian membangun demplot dan dari demplot yang berhasil kemudian diterapkan kepada petani. Dari situ ke depan petani dihubungkan secara digital kepada masyarakat umum yang bisa mendanai pertanian para petani yang tergabung dalam platform digital, perlu inovasi dan sinergi bagi banyak stakeholders untuk mendukung digitalisasi pertanian.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like