TIPS

Dikenal Kaya Vitamin dan Mineral, Ini Manfaat dari Kacang Hijau

Ilustrasi kacang hijau. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Di Indonesia kita dapat dengan mudah menemui kacang hijau (Vigna radiata) di pasaran.

Kacang hijau biasanya dibuat menjadi bubur. Namun, kacang hijau juga umum dikonsumsi dalam bentuk makanan lain seperti onde-onde, bakpau atau bakpia.

Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Kacang hijau kaya akan vitamin dan mineral. Dalam satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus dapat memberikan kandungan zat gizi sebagai berikut :

– Kalori: 212
– Lemak: 0,8 gram
– Protein: 14,2 gram
– Karbohidrat: 38,7 gram
– Serat: 15,4 gram
– Folat (B9): 80% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
– Mangan: 30% dari RDI
– Magnesium: 24% dari RDI
– Vitamin B1: 22% dari RDI
– Fosfor: 20% dari RDI
– Besi: 16% dari RDI
– Tembaga: 16% dari RDI
– Kalium: 15% dari RDI
– Seng: 11% dari RDI
– Vitamin B2, B3, B5, B6 dan selenium

Seperti yang di utarakan HM Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis, Pertanian, dan Peternakan setelah ia menggali informasi dan berbincang dengan ahli memaparkan bahwa kacang hijau kaya akan vitamin, mineral, protein, dan serat penting.

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan banyak yang laiinya.

“Konon kacang hijau ini merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu,” tutur pria yang akrab di sapa Abah Arum, saat dijumpai wartawan Tunasnegeri.com.

Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, serat larut dan tidak larut.

Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga kadar gula darah.

“Kacang hijau mengandung serat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Karbohidrat dalam kacang hijau juga lebih kecil kemungkinannya menyebabkan perut kembung dibandingkan kacang-kacangan lainnya,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like