GAYA HIDUP KESEHATAN PERTANIAN

Dipromosikan Gubernur Khofifah, Ini Manfaat Buah Anggur Brazil

Gubernur Jatim, Khofifah saat meninjau budidaya buah Anggur Brazil

Gubernur Jatim, Khofifah saat meninjau budidaya buah Anggur Brazil. (Foto: Istimewa )

 

Sabtu, 03 April 2021

 

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali mengunggah komoditas pertanian di wilayahnya. Kali ini adalah Anggur Brazil atau Jaboticaba. Kepada warganet, Khofifah memperkenalkan varietas anggur yang relatif baru ini, dibandingkan anggur varietas lainnya.

“Berbeda dengan tanaman anggur lainnya, anggur satu ini buahnya justru tumbuh di sepanjang batang dan cabang yang sudah tua dan bergerombol. Ada yang sudah pernah lihat atau bahkan mencobanya ?,” ujar Khofifah dalam postingannya di Facebook dan Instagram pada Jumat (02/04/2021) kemarin.

Khofifah lantas mengakhiri postingannya itu dengan ajakan untuk menanam Anggur  Brazil atau Jaboticaba. “Penasaran ingin menanamnya ? Di marketplace sudah banyak yang menjual bibitnya,” pungkas Khofifah.

Jaboticaba disebut anggur Brazil karena memang tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan, tepatnya dari negara Brazil. Disebut sebagai tanaman endemik, karena hanya bisa tumbuh di wilayah tertentu, seperti Brazil. Namun karena iklim Brazil yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia –sesama negara tropik- maka tanaman yang memiliki nama latin Plinia cauliflora, ini bisa dibudidayakan di bumi Nusantara.

“Tanaman Anggur Brazil ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Menurut para ahli, bisa sebagai obat penyembuh asma, disentri, dan diare. Selain itu buahnya juga bermanfaat untuk pencegahan penyakit kronis seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular, dan stroke karena mengandung antioksidan dan anti inflamasi,” ujar HM Arum Sabil, praktisi pertanian saat diwawancarai terpisah oleh Tunasnegeri.com.

HM Arum Sabil, tokoh pertanian Jember
HM Arum Sabil, tokoh pertanian Jember

Selain itu, buah Anggur Brazil juga kaya akan kandungan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kalsium, potasium, dan magnesium yang berguna untuk memperkuat tulang dan gigi. Serta terdapat fosfor, vitamin B3, dan vitamin C di dalamnya.

“Buahnya kalau dimakan mentah, rasanya nikmat, seperti Blueberry. Bisa juga diolah untuk campuran jus, sirup, ataupun bahan minuman atau makanan seperti kue dan berbagai dessert lain,” pungkas Arum.

 

Reporter: Muhammad Faizin

 

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like