PERTANIAN TEKNOLOGI

Dukung Pertanian Lampung Tengah, Kementan Beri Bantuan Alsintan

Foto: Alat Menis Pertanian (alsintan)

Tunasnegeri.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) memberikan dukungan berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Dukungan tersebut memberikan manfaat positif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian di Provinsi Lampung.

Bantuan alsintan umumnya hanya akan diberikan kepada petani yang berkontribusi aktif terhadap peningkatan hasil pertanian untuk bangsa Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, memaparkan, ada dua kategori penerima bantuan alsintan.

Yang termasuk dalam kategori pertama, ialah masyarakat yang merupakan Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA), Koperasi Petani dan Kelompok Usaha Bersama (KUB), serta masyarakat tani.

Kemudian, kategori kedua adalah Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota dan Korem/Kodim. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan bantuan Alsintan, pihaknya memastikan petani sudah termasuk ke dalam dua kategori tersebut.

Syahrul juga mengatakan, bantuan ini diharapkan bisa membantu petani meningkatkan produktivitas. “Alsintan yang sudah diberikan ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Khususnya untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian,” ujarnya.

Hal itu tentu di sambut hangat oleh H.M Arum Sabil, seorang praktisi pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan asal Jember.

Menurut Arum, dengan adanya Alsintan, para petani mendapatkan manfaat yang banyak. Selain lebih efisien juga dapat menjamin kuantitas.

“Tentunya dengan Alsintan ini pastinya mampu meningkatkan efisiensi tenaga kerja dan produktivitas. Selain itu dapat menjamin
kuantitas, kualitas dan peningkatan
kapasitas hasil,” ucap Arum saat ditemui Tunasnegeri.com pada Minggu, 9 Mei 2021.

Arum juga menegaskan, semua alsintan harus digunakan untuk membantu meningkatkan produtivitas.

“Manfaatkan alsintan dengan sebaik mungkin. Karena alsintan bisa digunakan untuk mempercepat tanam, serta meminimalisir losses dan meringankan biaya usaha tani. Jadi jangan ragu menggunakan alsintan apalagi untuk meningkatkan produktivtas,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like