NASIONAL

Empat Kawasan Istimewa Indonesia yang Bebas Kepabeanan

Ilustrsi kawasan Bebas atau biasa disebut Free Trade Zone (FTZ). (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Tau enggak sih? di Indonesia ada 4 (empat) Kawasan Bebas atau biasa disebut Free Trade Zone (FTZ).

Kawasan bebas merupakan suatu kawaasan yang berada dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terpisah dari daerah Pabean sehingga bebas dari pengenaan bea masuk, Pajak Pertambahan Nilai, dan Pajak Penjualan atas Barang Masuk.

Kawasan ini memiliki keistimewaan dibandingkan kawasan lainnya. Keberadaan kawasan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya industri-industri yang berorientasi untuk ekspor ke luar negeri.

Pada dasarnya, pemberlakuan kawasan ini mengacu kepada pembebasan pajak ataupun cukai. Dengan peniadaan pajak, cukai, dan biaya lainnya diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian di sektor jasa, manufaktur, serta perdagangan.

Fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan daya saing ekspor Indonesia dengan negara-negara lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Kawasan Bebas atau biasa disebut Free Trade Zone (FTZ) di Indonesia terdiri dari Sabang, Batam, Bintan, dan Karimun.

1. Batam

Batam merupakan daerah industri strategis yang berkembang cukup pesat. Secara geografis berbatasan dengan Malaysia dan Singapura dan terletak di Selat Malaka, yang merupakan jalur pelayaran global sibuk.

Pada dasarnya pembentukan FTZ di Pulau Batam adalah untuk menjadi kawasan industri yang diharapkan mampu menjadi pionir gerakan industrialisasi nasional, meningkatkan investasi dan meningkatkan produksi industri yang berorientasi ekspor.

2. Sabang

Sabang merupakan salah satu pulau paling barat di Indonesia yang memiliki potensi luar biasa, khususnya di sektor pariwisata dan logistik.

Sabang FTZ merupakan jalur lalu lintas yacht atau kapal pesiar dari Langkawi, Malaysia dan Phuket, Thailand. Lokasi tersebut memungkinkan para yachter (Kapal Pesiar) untuk berlayar dengan nyaman.

3. Bintan

Bintan merupakan destinasi andalan di Kepulauan Riau. Destinasi ini terkenal akan deretan resor mewahnya, lapangan golf kelas dunia, dan tak ketinggalan, keindahan pesisir pantainya yang menakjubkan.

4. Karimun

Tidak semua Wilayah Kota Tanjung Balai Karimun merupakan Kawasan Free Trade Zone. Sebagaimana ditetapkan PP Nomor 48 Tahun 2007 bahwa Kawasan Free Trade Zone Karimun meliputi sebagian Pulau Karimun dan Seluruh Pulau Karimun Anak. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like