EKONOMI PENDIDIKAN PERTANIAN

Fasilitas Memadai, Waketum HKTI Sebut Polije Bisa Lahirkan Lulusan Handal

Wakil Ketua Umum DPP HKTI, HM Arum Sabil saat diajak melihat fasilitas pengembangan buah Melon varietas Kinanti di kampus Polije. (Istimewa/ Humas Polije )

Foto: Wakil Ketua Umum DPP HKTI, HM Arum Sabil saat diajak pimpinan Politeknik Negeri Jember (Polije) meninjau lahan budidaya Melon varietas Kinanti. (Istimewa/ Humas Polije ) 

 

Rabu, 24 Maret 2021

TunasNegeri.com – Inovasi terus digeber oleh Politeknik Negeri Jember (Polije). Hal itu terlihat antara lain saat kampus vokasi tersebut menerima kunjungan dari Wakil Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), HM Arum Sabil.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan Bapak Arum Sabil, tokoh pertanian tingkat nasional. Tadi kita keliling melihat lebih dekat sumber daya dan fasilitas yang ada di kampus Polije,” ungkap Saiful Anwar, Direktur Polije usai menerima kedatangan HM Arum Sabil,  pada Selasa (23/03).

Agenda utama dari kedatangan Arum ke Polije adalah untuk berdiskusi lebih lanjut bersama dengan Direktur dan para Wakil Direktur perihal kerjasama yang akan dijalin. Arum Sabil diajak berkunjung ke TeFa-TeFa yang ada di Polije.

Dengan di temani pimpinan Polije, HM Arum Sabil memanen buah Melon varietas Kinanti di TeFa Smart Green House, selain itu ia juga melihat TeFa Seed Center yang merupakan fasilitas pengolahan benih unggulan produksi Polije. Terakhir, rombongan juga menju TeFa Bakeri and Coffee untuk melihat proses pembuatan roti SIP buatan kampus vokasi ternama ini

Dalam kesempatan tersebut, menurut Saiful, Arum Sabil juga menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan Polije. Antara lain untuk menyediakan lahan miliknya bagi pengembangan keterampilan mahasiswa di bidang pertanian.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk pengembangan kerjasama kedua belah pihak. Karena beliau juga memiliki lahan yang cukup representatif untuk pengembangan kompetensi mahasiswa Polije khususnya di bidang pertanian,” ungkap Saiful.

Sebagai sosok yang terlahir dan besar dari kalangan petani, Arum Sabil mengaku salut dengan perkembangan teknologi pertanian yang saat ini dikembangkan Polije. Hal itu pula yang mendasari Arum untuk siap membantu pengembangan kampus Polije.

“Ada banyak hal yang tadi kita perbincangkan. Saya cukup kagum dengan fasilitas yang ada di Polije, karena teknologinya luar biasa,” ujar HM Arum Sabil dalam kesempatan yang sama.

Menurut Arum, fasilitas dan kualitas riset yang ada di Polije sudah tidak perlu diragukan lagi.

“Saya optimistis, jika melihat fasilitas dan SDM yang ada di sini, lulusan Polije akan punya nilai lebih di dunia industri,” lanjutnya.

Arum juga memuji pengembangan Buah Melon variestas Kinanti yang ada di kampus Polije. “Tadi saya sempat mencicipi juga, rasanya memang enak. Nilai jualnya bisa lebih tinggi dari varietas lainnya,” tutur Ketua Dewan Pembina Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo) ini.

Dengan berbagai pengembangan inovasi di bidang pertanian tersebut, Arum optimistis Polije bisa berkontribusi signifikan untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia. “Dengan sentuhan teknologi, pertanian kita diharapkan bisa bersaing pertanian di negara-negara maju yang memang mengandalkan teknologi,” pungkas Arum. (*)

Reporter: Arip Ripaldi

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like