INTERNASIONAL

Finlandia dan Swedia Perdalam Kolaborasi dengan NATO

Ilustrasi Bendera Swedia dan Finlandia. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Finlandia semakin dekat dengan aliansi NATO, baru-baru ini Finlandia berencana akan mendaftar untuk bergabung dengan NATO.

“Ada perspektif berbeda untuk mengajukan keanggotaan NATO atau tidak dan kami harus menganalisis ini dengan sangat hati-hati,” kata Marin, di ibukota Swedia, Stockholm, di kutip dari Alzazeera pada Jumat (15/4/2022).

“Tapi saya pikir proses kami akan cukup cepat, itu akan terjadi dalam beberapa minggu.” sambungnya.

Lebih jauh, Marin menjelaskan bahwa parlemen akan memperdebatkan penilaian resmi tentang bagaimana invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan “perubahan lingkungan keamanan kita” dan mengevaluasi membuat perubahan bersejarah dalam postur pertahanan Finlandia.

“Kita harus jujur ​​tentang konsekuensi dan risiko, baik jangka panjang maupun jangka pendek,” kata Marin.

Namun, dia mengantisipasi “tidak ada cara lain untuk memiliki jaminan keamanan selain di bawah pencegahan NATO dan pertahanan bersama”, dan keputusan bisa datang pada akhir Juni.

Finlandia dan Swedia, yang berbagi perbatasan dan lingkungan keamanan yang serupa, telah memperdalam kolaborasi di antara mereka sendiri dan dengan NATO sejak Rusia menginvasi Krimea pada tahun 2014.

Sementara itu, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengatakan keputusan Moskow untuk menyerang Ukraina merupakan momen yang menentukan.

“Ada sebelum dan setelah 24 Februari, lanskap keamanan telah benar-benar berubah,” katanya. “Mengingat situasinya, kami harus benar-benar memikirkan apa yang terbaik untuk Swedia dan perdamaian kami dalam situasi baru ini.” ungkapnya.

Disisi lain Rusia telah memperingatkan Finlandia dan Swedia agar tidak bergabung dengan NATO, aliansi yang dibentuk pada tahun 1949 untuk melawan ancaman ekspansi Soviet, dengan alasan langkah itu tidak akan membawa stabilitas ke Eropa. (*)

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like