GAYA HIDUP TIPS

Fotografer Pemula Wajib Tahu 7 Aksesoris yang Harus di Miliki

Ilustrasi perlengkapan kamera.(foto:Pixabay).

Tunasnegeri.com – Hal pertama ketika seseorang berhasil membeli sebuah kamera, yang dirasakan pastinya senang dan bahagia.

Tak sedikit orang yang akan membeli kamera pasti memprioritaskan terlebih dahulu fitur yang ada di dalamnya dengan cara mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari kamera tersebut.

Namun siapa sangka, ternyata yang dibutuhkan bukan hanya kameranya saja, kita juga perlu memiliki aksesoris penunjangnya.

Aksesoris atau benda-benda yang mensupport akan dibutuhkan untuk sebuah kamera supaya maksimal saat digunakan.

Seperti dilansir Tunas Negeri dari Instagram @rabbanih_, inilah aksesoris yang wajib dimiliki fotografer baru.

1. Lensa kamera

Lensa merupakan hal yang paling dibutuhkan saat membeli sebuah kamera. Biasanya saat pembelian kamera hanya di beri lensa kit.

Jika dirasa ada budget lebih, kamu wajib coba lensa lainya minimal lensa fix. Tapi ingat, tidak harus membeli kalau dirasa budget tidak memenuhi, cukup sewa atau meminjam punya teman untuk coba akselerasinya.

2. Tripod

Siapa yang tidak butuh alat satu ini? Seorang fotografer pasti sangat membutuhkannya untuk membantu mendapatkan foto dengan teknik long exposure. Sudah pernah coba tripod? Coba terlebih dahulu, supaya tau besarnya manfaat dari alat yang satu ini.

3. Filter

Bisanya diawal kita akan dapat filter UV filter, supaya lensa kamera terlindungi dari debu dan lain-lain. Tetapi, seiring berjalannya waktu, pasti akan tertarik mencoba beberapa filter lain apalagi untuk yang senang main landscape.

4. Clean kit dan Dry box

Kamera itu sama seperti barang kesayangan pada umumnya, perlu dirawat, dibersihkan, dan dimanjakan. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari debu yang menempel serta jamur yang meresahkan.

Nah, untuk membersihkannya pun tidak sembarangan, butuh clean kit dan disimpan di dry box.

5. Tas kamera

Setiap kamera dibawa untuk keperluan pada saat traveling atau hunting, tidak mungkin kan kalau kamera tidak dimasukkan dalam tas. Pilihlah tas yang sesuai, bagus dan memiliki kualitas, supaya kamera kesayangannya aman terjaga.

5. Baterai cadangan

Ini penting karena untuk menunjang kebutuhan pada saat hunting, kalau kamera hanya mengandalkan satu baterai saja itu akan membuat kesulitan. Maka dari itu, diperlukan baterai cadangan untuk mensupport kinerja kita pas lagi ada job atau hanya hunting biasa.

6. Memory

Selain baterai, memori juga perlu ada cadangannya. Dalam beberapa kondisi, memori kamera sudah penuh karena menggunakan format raw yang besar.

Nah, disinilah fungsi dari memori cadangan tersebut, bisa menggantikan memori yang sudah penuh.

7. Lighting atau flash

Tidak semua kondisi memiliki cahaya yang bagus, terkadang para fotografer menggunakan lighting atau flash tambahan untuk menambah pencahayaan. Atau juga untuk mendapatkan teknik strobist dengan flash external. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like