PENDIDIKAN SOSIAL

Gelar Muscab Gerakan Pramuka Jember, Ini Pesan Kwarda Jatim

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur (Jatim), HM Arum Sabil saat menyampaikan pidato. (FOTO: Diskominfo Jember for TunasNegeri).

Tunasnegeri.com – Gerakan Pramuka Jember, melaksanakan musyawarah tertinggi dalam gerakan pramuka di Jember, yaitu untuk merumuskan kebijakan 5 (lima) tahun kedepan dan menetapkan ketua Kwartir cabang sebagai pemegang kendali dan pengelola organisasi pramuka di tingkat kabupaten Jember.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) gerakan pramuka Jawa Timur (Jatim), Kak HM Arum Sabil menegaskan, gerakan pramuka bersifat mandiri, sukarela dan nonpolitis. Maksudnya, organisasi gerakan pramuka bukan merupakan bagian dari salah satu organisasi sosial politik manapun.

Kak Arum Sabil menyampaikan salam dan pesan dari Ibu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Jawa Timur, ucapan terima kasih dan apresiasi beliau atas sinergi dan kerjasamanya Bupati Walikota TNI Polri serta Pramuka Nakes Se-Jawa Timur dan semua pihak dalam menanggulangi Covid 19, sehingga pada pagi ini kamis tgl 23 september 2021 Jatim 100% masuk Zona kuning, 21 Kabupaten Kota Se Katim masuk level 1 Dan 17 kabupaten Kota Se-Katim masuk level 2.

“Mari kita jaga gerakan pramuka sebagai pendidikan nonformal ini tidak ditarik-tarik kedalam kepentingan politik manapun,” tutur Kwarda Jatim pada saat sambutan, pada Kamis (23/9/2021).

Sesuai anggaran rumah tangga gerakan pramuka, lanjutnya, pengambilan keputusan musyawarah cabang dicapai atas dasar musyawarah untuk mufakat.

“Mari kita hidupkan kembali budaya demokrasi yang santun, demokrasi yang mendahulukan musyawarah secara mufakat. sebisa mungkin ambil keputusan keputusan dalam musyawarah cabang ini melaluimusyawarah secara mufakat,” imbuhnya.

Selama lima tahun ke depan, Kwarda Jatim akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan ketahanan pangan nasional.

Jajaran Gerakan Pramuka Jawa Timur dan Jember saat doorstop dengan awak media, Kamis (23/9/2021). (FOTO: Diskominfo Jember for TunasNegeri)

Melalui kegiatan pramuka produktif, Kwarda Jatim juga akan mengajak seluruh kwartir cabang se Jawa Timur, untuk ambil bagian dalam mengembangkan kegiatan pramuka produktif yang fokus pada budidaya peternakan, pertanian dan perkebunan.

Dengan harapan, pramuka produktif akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi
ini.

Kak Arum juga mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan, saling bahu membahu, bersinergi dengan program
pemerintah, terutama untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang telah terdampak pandemi covid-19.

“Pendidikan karakter tentu harus terus dikembangkan oleh gerakan pramuka, tetapi gerakan pramuka juga harus tetap peduli terhadap keadaan masyarakat dan lingkungan dengan bebbagai program nyata yang menyentuh dan berdampak langsung bagi masyarakat, yang pada akhirnya menjadikan pramuka menjadi role model generasi adaptif, memiliki jiwa entrepeneurship dan kemanusiaan tinggi,” katanya.

“Setiap insan pramuka harus selalu siap sedia menjadi duta protokol kesehatan baik di lingkungan keluarga, tempat
kegiatan dan masyarakat. Marilah senantiasa berdo’a agar negeri kita segera terbebas dari wabah covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto, mengapresiasi kepemimpinan sebelumnya yang dipimpin KH Muqit Arief,

“KH Muqit Arief, telah sabar dan memberikan motivasi kuat, selama 5 tahun memimpin pramuka di Jember,” ungkap Hendy dalam sambutannya.

Hendy menjelaskan, esensi kegiatan muscab tersebut adalah untuk melatih anak muda, bagaimana bisa maksimalkan potensi dalam dirinya.

“Selain itu juga bagaimana cara membentuk ahlaq mulia dalam dirinya,” katanya.

Hendy berharap, kegiatan muscab ini bisa berjalan lancar dan mencetak pemimpin yang bisa memajukan pramuka di Jember.

“Mudah-mudahan kegiatan ini lancar sukses dan bisa memajukan pramuka di Jember kedepannya lebih bagus lagi,” harapnya.

Lebih jauh, Hendy juga mengatakan akan memaksimalkan pramuka, salahsatunya dalam menekan penyebaran covid-19.

“Saya selaku Ketua Majelis Pembimbing cabang gerakan Pramuka di Jember ini tentunya akan memaksimalkan kekuatan Pramuka, dimana dengan adanya covid-19 ini kita tidak boleh kendor terus sosialisasi vaksin bagi masker,” pungkasnya. (*)

 

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like