Uncategorized

Glodokan Tiang, Pohon yang Bisa Tumbuh Walaupun Perubahan Cuaca dan Iklim

HM Arum Sabil, Praktisi Agribisnis Pertanian dan Peternakan Indonesia, saat melihat tanaman Glodokan Tiang. (Foto: Holisin)

Tunasnegeri.com – Bagi masyarakat Indonesia, mungkin tidak asing dengan tanaman Glodokan Tiang. Karena, pasti sudah sering melihat tanaman ini berjejer di jalanan.

Pohon ini menjadi salah satu pohon yang disebut dengan pohon evergreen karena bisa tumbuh dengan baik walau perubahan cuaca dan iklim terjadi di sekitarnya sehingga tidak akan terpengaruh dan tidak menyebabkan daun dari pohon ini berguguran.

HM Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis perkebunan dan peternakan mengutarakan bahwa tanaman Glodokan Tiang, memiliki nama latin Polyalthia longifolia, yang merupakan tanaman yang berfungsi sebagai tanaman peneduh, pemecah angin dan tanaman yang sangat efektif untuk menyerap polusi udara.

“Polusi udara terutama dari asap kendaraan mampu diserap dengan baik oleh Glodokan Tiang sehingga banyak ditanam di pinggir jalan meskipun akhirnya tanaman harus berkorban dengan berwarna hitam dan ditempeli debu yang pekat,” ujar pria yang akrab di sapa Abah Arum, pada Selasa, (10/5/2022).

Abah Arum juga menuturkan bahwa tanaman glodokan bisa tumbuh tinggi tegak lurus mencapai 30 hingga 35 meter yang terlihat sangat indah dan menjadi salah satu tanaman sumber antioksidan.

“Tanaman ini juga bisa dipindahkan pada saat sudah mencapai ketinggian 1 hingga 2 meter. Akan tetapi jika pohon ini dipindahkan saat sudah setinggi 5 meter, maka pohon ini bisa stress dan akan kering,” tegasnya.

Buahnya, lanjutnya, bisa menjadi makanan burung Koel ataupun kelelawar. Selain itu, Abah Arum juga menjelaskan bahwa tanaman yang berasal dari India Srilangka ini cocok di halaman depan, tepi jalan, tanaman peneduh, tanaman pelindug.

Sementara itu, untuk membudidayakannya, Abah Arum mengungkapkan bisa dengan bijinya ataupun di cangkok.

“Tanaman ini tidak ada perawatan khususnya, hanya tinggal di beri pemupukan dan pemangkasan secara rutin sudah bisa tumbuh subur,” pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like