Uncategorized

Gubernur Khofifah Beberkan Khasiat Buah Maja

Gubernur Khofifah Beberkan Khasiat Gubernur Khofifah saat pamerkan buah maja di Pameran batik di halaman kantor Gubernur jl. Pahlawan Surabaya. (Foto: Instagram Khofifah.ip). 

 

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengunggah foto dirinya saat memamerkan buah Maja, di halam kantor Gubernur jl. Pahlawan Surabaya. Minggu (27/3/2022).

Dalam unggahannya itu, Orang nomor satu di Jawa Timur (Jatim) itu mengungkapkan bahwa buah Maja merupakan cikal bakal nama kerajaan Majapahit.

Dan Buah berwarna hijau itu banyak tumbuh terserbar di Jatim, seperti di daerah Trowulan, Mojokerto

“Inilah buah maja, yang menjadi cikal bakal nama Kerajaan Majapahit. Banyak tumbuh di daerah Trowulan, Mojokerto,” tulis Gubernur Khofifah, di akan Instagram pribadi miliknya, dikutip Tunas Negeri, pada Senin (28/3/2022).

Ia juga mengatakan buah Maja dikenal dengan rasanya yang pahit. Namun, ada juga buah Maja yang memiliki rasa yang manis.

Tumbuhan Maja ini memliki banyak kelebihan, salah satunya ia bisa tumbuh pada daerah yang beriklim ekstrem, baik panas maupun dingin.

Maja bisa beradaptasi pada daerah dengan suhu sangat panas mencapai 49 derajat, dan juga sangat dingin -7 derajat celcius.

Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, daging buah maja juga bisa dikonsumsi setelah dikeringkan lebih dulu. Daging buah diiris-iris lalu dikeringkan dengan sinar Matahari.

Irisan daging buah yang telah kering selanjutnya direbus dengan air dan rebusannya inilah yang diminum. Untuk khasiatnya, kata Gubernur Khofifah, jangan di ragukan lagi.

“Khasiatnya jangan ditanya, buah ini bisa mengobati diare dan disentri, asma, anemia, mengobati darah tinggi, menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan mengatasi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan. Ada yang juga menanamnya di rumah ?,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like