PEMERINTAHAN

Hadiri HPN dan HUT Ke-75 PWI  Jatim, Gubernur Khofifah Ajak Media Reduksi Hoaks dan Ujaran Kebencian

Gubernur Jatim, Khofifah saat menghadiri acara HPN dan HUT PWI Jatim di Gedung Grahadi Surabaya. (Istimewa/ Humas Pemprov Jatim )

Caption: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara HPN dan HUT PWI Jatim di Gedung Grahadi, Surabaya. (Istimewa/ Humas Pemprov Jatim )

 

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak insan media untuk ikut berperan aktif dalam mereduksi hoax dan ujaran kebencian.

“Mari bersama teman-teman Pers Jawa Timur  agar kita bersama-sama mengurangi bahkan menghilangkan hoax dan ujaran kebencian serta  format-format yang menjurus pada radikalisme yang dapat mengganggu stabilitas dan persatuan nasional,” ujar Khofifah saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tingkat Jatim yang digelar pada Jumat (09/04) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menekankan pentingnya kolaborasi  untuk menguatkan skema Pentahelix. Dimana, di dalamnya mencakup pemerintah, masyarakat atau komunitas, private sector, kampus atau akademisi, serta media.

Menurut Khofifah, media  berperan strategis untuk menyampaikan pesan secara massif kepada masyarakat luas. Karenanya, lewat media maka harapannya akan bisa  mereduksi hoaks, ujaran kebecian dan referensi  radikalisme. Serta sekaligus bisa menjadi medium  penetrasi hoax, ujaran kebencian maupun referensi radikalisme.

“Ini akan menjadi bagian penting bagaimana sesungguhnya NKRI ini dibangun dengan narasi-narasi tentang kedamaian, narasi kasih sayang, narasi persaudaraan, narasi persatuan,” papar mantan Menteri Sosial ini.

Mengakhiri sambutannya, Khofifah juga mengucapkan selamat dan sukses kepada semua jurnalis di Jatim yang hari ini sedang berulang tahun ke-75. Pihaknya berharap, sinergitas yang sangat baik selama ini tolong  terus dibangun untuk memberikan kekuatan dari berbagai sektor yang harus terus ditumbuhkembangkan.

 

Reporter: Muhammad Faizin

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like