PERTANIAN

Harapkan Produktivitas Pertanian Meningkat, Bupati Ipuk: Agro Solution Adalah Jawaban

Tunasnegeri.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengharapkan produktivitas pertanian meningkat dua kali lipat. Pihaknya, melakukan sebuah terobosan baru dengan menggunakan metode “Agro Solution”.

Ipuk mulai melakukan tanam perdana melalui metode ”agro solution” dengan menggandeng salah satu perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia.

Tanam perdana sistem pertanian modern tersebut dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, pada Sabtu (30/5/2021). Diharapkan dengan metode ini, produktivitas pertanian meningkat dua kali lipat.

“Agro solution adalah jawaban masalah pertanian. Semoga sinergi inovasi bersama BUMN pupuk ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani,” tutur Ipuk, dalam unggahan Instagram @banyuwangi_kab.

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia, berpendapat bahwa agro solution dapat menjadi solusi bagi program ketahanan pangan yang digencarkan Pemerintah Banyuwangi mulai dari konversi lahan, penurunan kualitas tanah, hingga infrastruktur pertanian yang terbatas.

HM Arum Sabil praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia saat berada di Lahannya (Foto: Tunasnegeri)

“Persoalan klasik yang selama ini dihadapi petani tradisional dan berbagai alasan dan keterbatasan yang dimiliki. Salah satunya keterbatasan akses untuk mendapatkan modal kerja karena tidak ada jaringan ke perbankan akan bisa teratasi dengan adanya Agro Solution ini,” ujar Arum, yang juga sebagai Wakil Ketua DPP HKTI, dalam keterangan tertulis yang diterima Tunasnegeri.com

Arum juga menyatakan, dengan program Agro Solution ini merupakan langkah nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Faktor utama keberhasilan program ini adalah pendampingan atau kawalan teknologi,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like