PENDIDIKAN

IAIN Jember Berubah Jadi UIN KHAS, Arum Sabil: Terus Cetak Generasi Berideologi Islam Intelektual

Tunasnegeri.com – Kabar gembira, proses perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berubah nama dan status menjadi Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember telah sukses dilakukan.

Perubahan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia (PP) Nomor 44 Tahun 2021, Tentang Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq.

Dalam PP tersebut, dijelaskan bahwa dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan proses integrasi ilmu Agama Islam dengan ilmu lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu menetapkan
Peraturan Presiden tentang Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Prof Babun Suharto, selaku Rektor menegaskan, jika perubahan bentuk dari IAIN menuju UIN KHAS bukan keinginan pimpinan dan pejabat, tetapi merupakan keinginan seluruh sivitas akademika IAIN Jember.

“Ini keinginan bersama seluruh warga kampus, dan tentu harus didukung oleh seluruh tokoh,” jelasnya pada beberapa saat lalu.

Hingga saat ini lanjut Prof Babun, setelah proses alih status tersebut, pihaknya juga telah mengusulkan agar IAIN Jember menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

H.M Arum Sabil, seorang praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia mengucapkan selamat atas perubahan status yg dikamandoi Rektor prof Babun tersebut.

H.M Arum Sabil, praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia (Foto: Tunasnegeri.com)

Ia juga berharap dengan adanya perubahan nama dan status ini bisa UIN KHAS Jember dapat mencetak generasi yang luar biasa.

“Semoga dengan adanya perubahan status ini membuat UIN KHAS Jember menjadi perguruan tinggi yang terus memberikan kontribusi bagi Jember, mencetak generasi yang berideologi islam intelektual dan memperkuat brand image Jember sebagai kota pendidikan,” tutur Arum, yang juga sebagai Wakil Ketua DPP HKTI.

Untuk diketahui, perubahan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berubah nama dan status menjadi Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember tertuang dalam PP Nomor 44 Tahun 2021.

Dan Almaghfurlah KH Achmad Shiddiq adalah seorang ulama kharismatik dan tokoh NU asal Jember. Pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU pada tahun 1984, sampai 1991. Beliau juga berperan penting dalam perumusan pondasi hubungan antara Islam dan Pancasila.(*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like