PERTANIAN TEKNOLOGI

Ikhtiar Dalam Pertanian Hortikultura, Arum Sabil Tetapkan Sistem Drip Irrigation

Arum Sabil bersama owner PT ABADI saat berbincang terkait sistem drip irrigation 

Tunasnegeri.com – HM Arum Sabil, seorang praktisi pertanian terus berikhtiar dan melakukan terobosan untuk mengaplikasikan pertanian 4.0

Salah satu ikhtiar nya, kini ia menerapkan sistem drip irrigation, metode irigasi yang menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar, melalui jaringan katup, pipa dan emitor.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama Roni wibisono, owner PT ABADI, kami mencoba melakukan sebuah ikhtiar dalam pertanian hortikultura yang sekiranya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik,” ujar HM Arum Sabil, yang juga Ketua Kwarda Pramuka Jatim kepada Tunasnegeri.com pada (29/4/2021).

Dengan melakukan sistem ini, Arum optimis nutrisi yang di butuhkan tumbuhan pastinya dapat tercukupi dengan baik.

“Nutrisi makanan yang di butuhkan tanaman dapat tercukupi dengan baik, tentunya kita melakukan ikhtiar dengan pengaturan irigasi pengairannya dengan membuat irigasi dengan baik,” imbuhnya.

Arum juga mengatakan, ketertarikannya untuk menerapkan sistem drip irrigation ini bermula ketika ia melihat tontonan di Youtube.

Menurutnya, di Negara Israel tanahnya tandus dan gurun pasir dapat tumbuh tanaman dengan subur.

“Saya sering melihat Youtube, bagaimana kemajuan pertanian di Israel, tanah yang tandus, gurun pasir, tapi dapat tumbuh tanaman yang subur,” katanya.

“Saya berharap, di negeri ini banyak lahir anak muda yang kreatif dan inovatif, yang bisa menyiapkan peralatan peralatan, instalasi irigasi pertanian, sehingga kita tidak perlu untuk import,” tegasnya.

Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Listrik Tenaga Matahari Untuk Pompa Air

Selain itu, karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Arum melakukan terobosan dengan memanfaatkannya supaya dapat memfungsikan pompa air.

“Hari ini kita akan mencoba menggunakan kekayaan alam, yaitu sinar matahari kita tangkap dengan menggunakan Panel Surya. Yang akan menggerakkan menain pendorong ini.
Kita pompakan sehingga airnya bisa merata dengan energi sinar matahari. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like