INTERNASIONAL

Inggris Sebut Indonesia Istinewa, Ini Sebabnya

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (Foto: Twitter @DubesInggris).

Tunasnegeri.com – Inggris menyebut Indonesia merupakan tempat yang istimewa di Indo-Pasifik.

Bahkan, Inggris mau terlibat secara aktif dengan Indonesia untuk membentuk masa depan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang terbuka.

Hal ini di ungkapkan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, terkait Australia, Inggris, Amerika Serikat (AUKUS), dalam komitmen kerja sama mendukung stabilitas di Indo-Pasifik.

“Indonesia memiliki tempat istimewa di kawasan Indo-Pasifik. Kami akan terus terlibat secara aktif dengan Indonesia untuk membentuk masa depan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang terbuka, stabil, dan inklusif, dengan ASEAN sebagai pusatnya,” tutur Owen Jenkins dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (14/4/2022).

Owen Jenkins juga menjelaskan bahwa AUKUS dibentuk tidak untuk ditujukan ke negara manapun dan tetunya akan menjungjung tiggi tinggi standar non-proliferasi nuklir secara serius.

“Pengumuman baru-baru ini tentang kemajuan lebih lanjut dalam kemitraan pertahanan AUKUS menggarisbawahi bagaimana kemitraan akan membantu menjaga stabilitas di kawasan Indo-Pasifik dan memberikan jaminan bagi mitra regional,” imbuh Jenkins

“AUKUS memberikan kontribusi positif bagi keamanan regional dan, seperti yang selalu kami jelaskan, akan sepenuhnya sejalan dengan kewajiban internasional kami, termasuk menjunjung standar non-proliferasi setinggi mungkin,” sambungnya.

lebih jauh, Jenkis menjelaskan bahwa Visi ASEAN untuk kawasan Indo-Pasifik, sebagaimana tercantum dalam Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik, adalah salah satu visi yang sangat kami dukung dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Indonesia, bersama dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

“Dalam memastikan stabilitas dan keamanan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sejahtera untuk generasi mendatang,” Pungkasnya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like