GAYA HIDUP

Ini Cara Arum Sabil Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Rutin Konsumsi Perasan Jeruk Nipis dan Jahe

HM Arum Sabil, saat menikmati minuman jahe dan jeruk nipis. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Di Indonesia kita dapat dengan mudah menjumpai jahe dan jeruk nipis di pasaran.

Selain dijadikan bumbu dapur, jahe dan jeruk nipis juga sering kali dijadikan minuman hangat maupun dingin karena keduanya memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jahe sangat populer dalam dunia pengobatan herbal. Alasannya, rempah-rempah yang satu ini kaya akan minyak asiri.

Sedangkan jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang bisa berguna melindungi tubuh dari radikal bebas.

Seperti yang dilakukan HM Arum Sabil, seorang Praktisi Agribisnis Pertanian dan Peternakan yang rutin mengkonsumsi perasan jeruk nipis dan jahe.

Ia mengutarakan bahwa dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis dan jahe selain rasanya yang segar, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.

“Campuran minuman perasan jeruk nipis dan jahe konon memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya menjaga daya tahan tubuh,” ujarnya.

Cara membuatnya pun sangat sederhana cukup sediakan bahannya seperti Jahe, Jeruk nipis, Air hangat bila perlu gunakan Madu.

“Cara membuatnya juga sederhana saja, kupas satu ruas jahe dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Peras satu buah jeruk nipis dan masukkan airnya ke dalam gelas ukuran sedang. Tambahkan jahe yang udah dipotong ke dalam gelas lalu tambahkan air hangat. Tambahkan madu lalu diaduk rata. Ramuan air jahe dan jeruk nipis siap disajikan,” Jelasnya.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini manfaat yang akan didapatkan saat rutin mengkonsumsi perasan jeruk nipis dan jahe.

1. Menenangkan gangguan pencernaan

Baik lemon dan jahe mengandung senyawa tanaman yang dapat membantu meredakan sakit perut ringan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Jahe merupakan akar yang telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya untuk meringankan pengosongan lambung yang tertunda.

Terlebih lagi, jeruk nipis mengandung senyawa tanaman yang membantu pencernaan dengan membantu memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan serta berpotensi mengurangi rasa tidak nyaman saat kenyang.

2. Dapat meredakan mual

Infus hangat jeruk nipis dan jahe dapat mencegah mual, terutama jika sering mengalami mual di pagi hari.

Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk meredakan mual, yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi, di antara banyak situasi lainnya.

Jahe tampaknya paling efektif membantu mencegah mual yang berhubungan dengan kehamilan. Namun, tampaknya kurang efektif untuk mencegah muntah.

3. Dapat mengurangi hidung tersumbat

Meskipun tidak banyak penelitian di bidang ini, uap panas dari secangkir perasan jeruk nipis dan jahe dapat membantu mengendurkan kemacetan di hidung, membuat pernapasan sedikit lebih mudah.

Uap yang dihasilkan dari jeruk nipis dan jahe dapat membantu membuka rongga hidung, membantu membersihkan hidung tersumbat.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jahe dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh. sedangkan jeruk nipis banyak dikenal sebagai sumber vitamin C yang melimpah.

Itu sebabnya campuran jahe dan Jeruk nipis dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like